Strategi Menanamkan Pendidikan Karakter dalam Perspektif Al-Qur’an

(Telaah Terhadap Ayat Qashash Al-Qur‟an)

Authors

  • Ali Rahmat STIT Al-Karimiyyah Sumenep
  • Fika Fitrotin Karomah STAI Miftahul Ulum Tarate Sumenep

DOI:

https://doi.org/10.52185/kariman.v8i02.148

Keywords:

Pendidikan karakter dan ayat qashash al-Qur’an

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa konsep pendidikan karakter dalam perspektif al-Qur’an  melalui kisah-kisahnya terdiri dari: Pertama, tujuan pendidikan karakter. Sasaran dari tujuan pendidikan karakter di sini ialah pembentukan insan kamil serta pembinaan akhlak.  Kedua, nilai-nilai dasar pendidikan karakter, seperti: tidak sombong, cita-cita yang kuat, bersungguh-sungguh dalam mencari ilmu, sopan santun, tolong-menolong, sabar, pemaaf, tanggung jawab, ikhlas, tidak mudah putus asa, berani mengakui kesalahan, cinta Tuhan dan segenap ciptaan-Nya, syukur, tidak boleh syirik, kasih sayang, patuh kepada kedua orang tua, kepemimpinan dan kepedulian sosial. Ketiga, tahapan-tahapan pendidikan karakter melalui pendidikan akhlak, pendidikan aqidah dan pendidikan syari’ah.

References

Arifin, Bey. Rangkaian Cerita dalam Al-Qur’an, Bandung, PT. Al-Ma’arif, 1952.

Bahreisy, Salim dan Said Bahreisy. Terjemah Singkat Tafsir Ibnu Katsir, Surabaya: PT. Bina Ilmu, 2002.

Departemen agama RI, Al-Qur’an Dan Terjemahnya, Bandung, SYGMA, 2007.

Hamka. Tafsir al-Azhar, Jakarta, PT. Pustaka Panjimas, 1984.

Kementrian Agama RI. Al-Qur’an dan Tafsirnya; Edisi yang Disempurnakan, Jakarta: Widya Cahaya, 2011.

Maraghi, (Al-) Musthafa, Ahmad. Terjemah Tafsir Al-Maraghi, Semarang, PT. Karya Thoha Putra, 1993.

Quthb, Sayyid. Tafsir Fi Zhilalil Qur’an, Jakarta, Gema Insani Press, 2003.

Shihab, Quraish M. Tafsir Al-Misbah; Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an, Jakarta, Lentera Hati, 2007.

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Rahmat, A., & Karomah, F. F. (2020). Strategi Menanamkan Pendidikan Karakter dalam Perspektif Al-Qur’an : (Telaah Terhadap Ayat Qashash Al-Qur‟an). Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 8(02), 243–260. https://doi.org/10.52185/kariman.v8i02.148