Relevansi Pembelajaran di Madrasah Nizamiyah Dengan Pembelajaran Pada Masa Sekarang
DOI:
https://doi.org/10.52185/kariman.v7i2.120Keywords:
Pembelajaran, Madrasah Nizamiyah, Masa SekarangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap relevansi pembelajaran di Madrasah Niz{amiyah dengan pembelajaran masa sekarang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan historis. Data dan informasi yang didapatkan dari berbagai referensi akan diolah, dianalisis dalam rangka untuk menemukan pembelajaran di Madrasah Niz{amiyah. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah contentanalysis. Teknik pengumpulan data dan informasi menggunakan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Madrasah Niz{a>miyah metode mengajarnya menggunakan metode ceramah, tanya jawab. Metode ini termasuk dari model pembelajaran langsung. Sedangkan metode lain yang digunakan di Madrasah Niz{a>miyah ialah metode diskusi, koresponden jarak jauh, dan r{ihlah ilmiah. Metode ini merupakan bagian dari model pembelajaran berbasis masalah dan kontekstual. Jadi model pembelajaran yang digunakan di Madrasah Niz{a>miyah ialah model pembelajaran langsung, pembelajaran berbasis masalah, dan pembelajaran kontekstual. Sementara itu, terdapat relevansi antara pembelajaran di Madrasah Niz{amiyah dengan pembelajaran pada masa sekarang. Metode hafalan dan pengulangan memiliki relevansi dengan metode sorogan dan muh{afadlah, metode ceramah memiliki relevansi dengan metode bandongan, serta metode h{alaqah memiliki relevansi dengan metode diskusi (Muh{adlarah, bah{thul Masa’>il)
References
A.M, Sardiman. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta, Rajawali Pers, 2011.
Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian, Jakarta, PT Rineka Cipta, 1993.
Buna’i. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan, Pamekasan, STAIN Press, 2006.
Hitti, K.Philip. History of The Arabs, London, The MacMillan Press Ltd., 1974.
Iskandar. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial , Jakarta: Gaung Persada Press, 2008.
Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel. BahanAjar Pendidikan Dan Latihan Profesi Guru, Surabaya, LPTK UIN Sunan Ampel, 2015.
Moleong, J. Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif , Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2005.
Nata, Abudin. Manajemen Pendidikan, Bogor, Kencana, 2003.
Nizar, Samsul. Sejarah Sosial & Dinamika Intelektual, Jakarta, Kencana, 2013.
Qurtubi, Ahmad. Pertumbuhan Madrasah pada Periode Awal Sebelum Lahirnya Madrasah Nidzamiyah, Jakarta, Rajawali Pers, 2004.
Rusman. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta, Rajawali Pers, 2012.
Subagyo, Joko. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek,, Jakarta, Rineka Cipta, 2004.
Suwito. Sejarah Sosial Pendidikan Islam, Jakarta, Kencana, 2005.
Tim Penulis IAIN Syarif Hidayatullah. Ensiklopedi Islam Indonesia. Jakarta, Djambatan, 1992.
Yatim, Badri. Sejarah Peradaban Islam, Jakarta, Raja Grafindo Persada, 2004.
Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta, Yayasan Obor Indonesia, 2004.