Konsep Pendidikan Islam KH. A. Wahid Hasyim
DOI:
https://doi.org/10.52185/kariman.v7i1.97Keywords:
Wahid Hasyim, Pendidikan Islam, Nilai PendidikanAbstract
Diantara sekian banyak pemikir dan pemerhati pendidikan Islam di Indonesia, nama Wahid Hasyim masih menjadi “barang” langkah dan kurang mendapat perhatian tentang ide-idenya berkenaan dengan problem pendidikan Islam kekinian. Selain pemikiran dan perjuangannya yang berkenaan dengan Negara, sosok Wahid Hasyim juga banyak memikirkan strategi dan kemajuan pendidikan Islam dalam menghadapi berbagai tantangan dan tuntutan masyarakat akan kebutuhan terhadap dunai pendidikan.
References
Aboebakar, Sedjarah Hidup KHA. Wahid Hasyim dan Karangan Tersiar. Jakarta: Panitya Buku Peringatan Alm. Wahid Hasyim, 1957.
Arif, Choirul. KH. Abdul Wahid Hasyim: Wawasan Keislaman dan Kebangsaan, Tesis-Surabaya: Pascasarjana IAIN Sunan Ampel Surabaya, 2003.
Azzet, Akhmad Muhaimin. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
Charlene Tan, Philosophical Reflections for Educators. Singapore: Cengage Learning, 2008.
Hasan, Muhammad Tholha. Dinamika Pemikiran tentang Pendidikan Islam. Jakarta: Lontabora Press, 2006.
Khuluq, Lathiful. Fajar Kebangunan NU: Biografi KH Hasyim Asy’ari. Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 1999.
Kohn, Hans. Nasionalisme Arti dan Sejarahnya. Jakarta: Erlangga, 1985.
Madjid, Nurcholis. Metodologi dan Orientasi Studi Islam Masa Depan (Jauhar Vol. I, Nomor 1, Desember, 2000.
Mastuki dkk,. Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka, 2005.
Misrawi, Zuhairi. Hadaratussyaikh Hasyim Asy’ari: Moderasi, Keutamaan dan Kebangsaan. Jakarta: Kompas, 2010.
Rifai, Muhammad.Wahid Hasyim: Biografi 1914-1953. Yogyakarta: Garasi, 2009.
Suhartono, Suparlan. Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2008.
Tafsir, Ahmad. Filsafat Penidikan Islam; Integritas Jasmanai, Rohani dan Kalbu Memanusiakan Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006.
Yahya, Ali. Sama tapi Berbeda; Potret Keluarga Besar KH. A Wahid Hasyim. Jombang: Yayasan Wahid Hasyim, 2007.