Eksistensi Orang Tua Sebagai Pendidik dalam Perspektif Hadits
DOI:
https://doi.org/10.52185/kariman.v6i2.96Keywords:
Orang Tua, Pendidik, HaditsAbstract
Penelitian ini membahas eksistensi orang tua sebagai pendidik dalam perspektif hadits. Hal ini dilatarbelakangi oleh semakin abainya orang tua terhadap proses pendidikan anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan landasan teologis kepada para orang tua tentang kewajibannya dalam mendidik anak. Penelitian ini bersifat kepustakaan (library research), dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Setelah melakukan penelitian terhadap hadits Nabi yang bertema pendidikan, khususnya hadits yang menjelaskan tentang eksistensi orang tua sebagai pendidik dapat ditarik sebuah garis besar bahwa eksistensi tersebut berkaitan dengan tanggung jawab, peran dan fungsi orang tua. Tanggung jawab, peran dan fungsi tua tersebut meliputi; Himayah (perlindungan, penjagaan atau pemeliharaan), Ri’ayah (bimbingan), Wilayah (pengaturan) dan Kifayah (mencukupi). Empat konsep tersebut dijelaskan dalam pembahasan penelitian ini.