Profiling Ulama Sebagai Upaya Peningkatan Harmonisasi dan Implementasi Pendidikan Islam di Masyarakat

Authors

  • Supandi Supandi UIM Pamekasan
  • M. Sahibudin UIM Pamekasan

DOI:

https://doi.org/10.52185/kariman.v9i2.189

Keywords:

Profiling ulama’, Harmonisasi, Pendidikan Islam

Abstract

Profiling ulama adalah istilah lain dari sertikasi ulama’ atau pendakwah islam merupakan salah satu iktiar pemerintah yang dalam hal ini adalah Kementerian Agama Republik Indonesia yang mempunyai misi utama adalah untuk meningkatkan harmoni kehidupan masyarakat yang plural di Indonesia. Tujuan awal dari kebijakan pemerintah adalah untuk mendapatkan gambara secara menyeluruh tentang implementasi dakwah yang terjadi ditengah-tengah masyakarat kemudian Big data profiling ulama’ ini adalah salah satu tawaran solusi agar pemerintah dan masyarakat mengerti tentang perkembangan dakwah islamiah yang terjadi di masyarakat ini, namun seiring dengan perkembangan waktu, maka timbullah respon masyarakat yang secara terus menerus bergulir pasca dikeluarkannya kebijakan pemerintah ini, berdasarkan problema tersebut maka tema ini menarik untuk dikaji dan didalami melalui kegiatan penelitian. Penelitian ini menggukan pendekatan library riseach dengan beberapa jenis sumber data sperti dokumentasi dan data digital yang peneliti temui di lapanga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pro dan kontra terhadap kebijakan Big data profiling ulama (sertifikasi pendakwah islam) yang dikeluarkan pemerintah, karena mereka juga mempunyai hak privasi yang perlu diharmati, mempunyai hak menyampaikan pendapat dihadapan public dan sebagainya. Sementara yang lain bernggapan bahwa Big data profiling ulama adalah salah satu langkah alternative agar pemerintah dan masyarakat bisa mendapatkan gambaran yang utuh tentang perkembangan dan kemajuan Pendidikan Islam yang melalui kegiatan dakwah islamiah ini, sehingga Big data profiling ulama adalah solusinya

References

Anwar dkk, peran ulama di nusantara dalam rangka mewujudkan harmonisasi umat beragama, (Fikrah: Jurnal ilmu aqidah dan studi keagamaan, 2016).

Ferdian arsani putra, komonikasi tokoh agama dalam meredam konflik antar umat beragama, (Studi agama Islam dan Kristen Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang Jawa Timur), (Lumajang: 2018).

Imran Z dan Lubis, Peran pemuka Agama dalam menjaga kerukunan umat beragama di kelurahan Mangga Kecamatan Medan Tuntunga. Jurnal Hukum responsive FH UNPAD 6(6).

Kamus Besar Bahasa Indonesia Online.

Muhtarom A, peran ulama dalam menangkal radikalisme di kabupaten Batang Tengah. RISTEK: Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang, (Batang, 2010).

Nusarastriya YH, Radikalisme dan terorisme di Indonesia dari masa ke masa (tinjauan dari perspektif kenegaraan).

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Supandi, S., & M. Sahibudin. (2021). Profiling Ulama Sebagai Upaya Peningkatan Harmonisasi dan Implementasi Pendidikan Islam di Masyarakat. Kariman: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 9(2), 177–190. https://doi.org/10.52185/kariman.v9i2.189