Analisis Multiple Intelligences dalam Diri Anak Menurut Munif Chatib

Authors

  • Lailatul Qadariyah STIS Nurud Dhalam Ganding Sumenep

DOI:

https://doi.org/10.52185/kariman.v6i2.93

Keywords:

Multiple Intelegences, Anak, Munif Chatib

Abstract

Konsep pembelajaran berbasis Multiple Intelligences perspektif Munif Chatib adalah suatu koreksi terhadap kecerdasan seseorang tidak hanya berdasarkan pada Intelligences Quotient (IQ) yang hanya mengukur kemampuan seseorang hanya berdasarkan pada linguistik, matematik logis dan spasial saja. Dalam konsep pendidikan Multiple Intellegences Munif Chatib lebih menekankan pada The Best Proses bukan The Best Input   dimana sekolah unggul adalah sekolah yang fokus pada kualitas proses pembelajaran, bukan pada kualitas input siswanya. Kedua, menjadi anak terdidik atau istimewa adalah menetekankan pada kreativitas guru dan keahlian dalam mengaplikasikannya, hal ini dapat kita lakukan dalam dunia pembelajaran antara guru dan murid. Munif Chatib mengartikan strategi mengajar dengan menekankan kepada kekreativitas guru sehingga jumlah dan nama strategi itu harus luas dan tak terbatas. Jadi, apapun namanya, strtegi Multiple Intelligences akan menjadi wadah yang sangat luas dan dapat menampung semua istilah metodologi pembelajaran. Guru memberikan wadah bagi siswa untuk Praktek Turun Lapangan (PTL) supaya siswa bisa merasakan betapa indahnya pendidikan. Dan ini merupakan suatu keterampilan guru untuk meningkatkan proses pembelajaran.

Downloads

Published

2019-04-20

How to Cite

Qadariyah, L. (2019). Analisis Multiple Intelligences dalam Diri Anak Menurut Munif Chatib. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 6(2), 267–280. https://doi.org/10.52185/kariman.v6i2.93