Penerapan Model Konstruktivisme dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Ainul Falah

Authors

  • Ach Baidlawi Bukhari STIS Nurud Dhalam Ganding Sumenep

DOI:

https://doi.org/10.52185/kariman.v6i2.90

Keywords:

Penerapan, Konstruktivisme, Pembelajaran, Kitab Kuning

Abstract

Penerapan model konstruktivisme dalam pembelajaran kitab-kitab kuning tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan keberhasilan pembelajaran kitab-kitab kuning itu sendiri kepada para santri. Adapaun langkah-langkah penerapan model konstruktivisme dalam pembelajaran kitab Kuning terdiri dari dua kegiatan utama, yaitu tahap perencanaan, mencakup (a) penentuan masalah, (b) pemecahan masalah, (c) indikator keberhasilan, (d) kegiatan pembelajaran, (e) rencana pembelajaran tatap muka, (f) skenario pelaksanaan kegiatan pembelajaran, dan (g) evaluasi, serta tahap tahap pelaksanaan mencakup (a) membagi kelompok belajar, (b) membagikan lembar kertas kerja, (c) memberikan masalah atau materi pelajaran, (d) presentasi, dan (e) penilaian. Adapun efektivitas penerapan model konstruktuvisme dalam pembelajaran kitab Kuning sangat efektif, baik dari segi proses pembelajaran maupun hasil pembelajaran. Keefektifan penerapan dari segi proses pembelajaran ditunjukkan dengan semangat belajar tinggi dari santri, sedangkan keefektifan dari segi hasil pembelajaran ditunjukkan dengan pemahaman baik santri terhadap materi pelajaran kitab Kuning.

Downloads

Published

2019-04-20

How to Cite

Bukhari, A. B. (2019). Penerapan Model Konstruktivisme dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Ainul Falah. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 6(2), 225–238. https://doi.org/10.52185/kariman.v6i2.90