Strategi Pemasaran dalam Menarik Minat Konsumen Ditinjau dari Etika Bisnis Islam

(Studi Pada Apotek di Wilayah Kerja Puskesmas Talang Pamekasan)

Authors

  • Anis Sulalah Instittu Kariman Wirayudha

DOI:

https://doi.org/10.52185/kariman.v11i1.302

Keywords:

Marketing Strategy, Consumer Interest, Islamic Business Ethics

Abstract

The implementation of marketing strategies within the company is very influential in the performance of the company concerned. The success or failure of a company is largely determined by the marketing strategy it uses. In terms of developing and implementing a marketing strategy there are several stages that must be determined, one of which is planning a marketing mix consisting of four main elements, namely product, price, distribution/place, and promotion. . Meanwhile, Islamic business ethics are morals in doing business in accordance with Islamic values, so that in conducting business there is no need to worry about fraudulent transactions. Doing business in the pharmaceutical sector is still believed to be a form of economic business that has good prospects. Even in a crisis, this business will remain stable because medicine is a mandatory requirement that must be met by people who are sick. Even so, it is possible that currently there are many pharmacies that are out of business where this is due to the inability of a seller to attract consumer interest and maintain it.

References

Abdul Aziz. Etika Bisnis Prespektif Islam. Bandung: Alfabeta, 2013. Abdurrahmat Fathoni. Metode Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2011.

Ade Indah Sari. “Jurnal Keuangan dan Bisnis: Tingkat Kepuasan Konsumen pada Mutu Pelayanan Rumah Makan” dalam IPI GARUDA. Medan: Universitas Sumatera Utara [USU], Vol. 4, No.2/Juli 2012.

Bowo Setiawan. Strategi Bauran Pemasaran Tentang Promosi pada Toko Sepatu Bata Metro dalam Prespektif Etika Bisnis Islam. Metro: Institut Agama Islam Negeri, 2013.

Buchari Alma. Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2013.

Burhan Ashafa. Metode Penelitian Hukum. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Burhan Bungin. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi. Jakarta: Prenada Media Group, 2013.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: CV Penerbit Diponegoro, 2005.

Devonalita Agusli dan Yohanes Sondang Kunto. “Analisa Pengaruh Dimensi Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Midtown Hotel Surabaya” dalam CENDIKIA, (Surabaya: Universitas Kristen Petra), Vol. 1, No. 2,(2013).

Donni Juni Priansa. Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta, 2017.

Enizar. Hadis Ekonomi. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada, 2013.

G. Joel., J.D.D. Massie., J.L. Sepang. “Pengaruh Motivasi, Persepsi Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Sepeda Motor Matic Merek Yamaha Mio di Kota Manado” dalam CENDIKIA, (Manado: Universitas Sam Ratulangi Manado), No. 3 September 2014.

Haris Herdiansyah. Wawancara, Observasi, dan Focus Group Sebagai Instrumen Penggalian Data Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.

Hermawan Kartajaya dan Muhammad Syakir Sula. Syariah Marketing. Bandung: PT Mizan Pustaka, 2009

Husein Umar. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Cet. 11. Jakarta: PT Rajawali Pers, 2011.

Lexy J. Moelong. Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: PT Rosda Karya, 2006.

Mulyadi Nitisusastro. Prilaku Konsumen dalam Prespektif Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta, 2013.

Nana Herdiana Abdurrahman. Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2015.

Novi Listiawati. Sistem Pemasaran Krupuk Lumpia di Desa Dayasakti Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat dalam Prespektif Etika Bisnis Islam Tahun 2013. Metro: Institut Agama Islam Negeri, 2014.

Nur Asnawi dan Muhammad Asnawi Fanani. Pemasaran Syariah: Teori, Filosofi, dan Isu-isu Kontemporer. Depok: PT. Raja Grafindo Persada, 2017.

Pandji Anoraga. Manajemen Bisnis. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2009.

Philip Khotlerdan Gary Armstrong. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi Ke-12. Jakarta: Erlangga, 2008.

Salim Bahreisy dan Said Bahreisy. Terjemahan Singkat Ibnu Katsier 2 Edisi Revisi. Surabaya: PT Bina Ilmu, 2005.

Sofjan Assauri. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep, dan Strategi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002.

Sudaryono. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: CV. Andi Ofset, 2016.

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2014.

Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2013.

Suliyanto. Studi Kelayakan Bisnis Pendekatan Praktis. Yogyakarta: CV Andi Offset, 2010.

Sumadi Suryabrata. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012.

Sutrisno Hadi. Metode Research Jilid I. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM, 1989

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Sulalah, A. (2023). Strategi Pemasaran dalam Menarik Minat Konsumen Ditinjau dari Etika Bisnis Islam : (Studi Pada Apotek di Wilayah Kerja Puskesmas Talang Pamekasan). Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 11(1), 161–178. https://doi.org/10.52185/kariman.v11i1.302