Telaah Komparatif Kurikulum Lembaga Pendidikan Islam di Singapura dan Thailand

Authors

  • Muslih Muslih Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan
  • Nur Kholis Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.52185/kariman.v9i2.191

Keywords:

Sistem, perbandingan, pendidikan Islam, Singapura, Thailand

Abstract

Kajian komparatif konteks lembaga pendidikan Islam harus terus dilakukan demi perbaikan dan pembaharuan sistem lembaga pendidikan Islam yang ada pada suatu negara. Perlu dipahami bahwa setiap negara di dunia memiliki kearifan lokalnya masing-masing sebagai ciri khasnya. Baik dasar negara, sistem sosial, budaya, sistem hukum maupun sistem pendidikan yang diimplementasikan di dalamnya. Tujuan dari kajian ini adalah untuk menelaah kurikulum pendidikan Islam yang ada di dua negara rumpun Melayu, membandingkan dan menganalisis baik persamaan maupun perbedaan sistem kurikulum institusi lembaga pendidikan Islam di Madrasah al-Juneid al-Islamiyah Victoria Lane Singapura dan Sekolah Puyud Pracharak Patani Thailand, untuk selanjutnya ditarik formula positif sebagai tambahan wawasan kajian kislaman khususnya pada bidang pendidikan Islam. Metode penelitian pada kajian ini, menggunakan studi pustaka (library research). Yang mana menelusuri literatur kepustakaan terkait komparasi lembaga pendidikan Islam. Hasil dari kajian ini, didapatkan persamaan konten kajian yang diinternalisasikan pada institusi pendidikan Islam di Singapura dan di Thailand, baik pada aspek kurikulum, aktivitas akademik pendidikan dan tantangan lembaga pendidikan Islam yang mana berusaha untuk membentengi peserta didik dari nilai-nilai modernisasi yang negatif dan pola kebijakan yang diterapkan pemerintah berupa dualisme sistem pendidikan yang agaknya menjadi problem tersendiri bagi kemajuan lembaga pendidikan baik di Singapura dan Thailand.

References

Adam, Don. Educational Pattern In Contemporary Societies, In. Thut (Eds.), Pola-Pola Pendidikan Dalam Masyarakat Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Amirin, Tatang M. Menyusun Rencana Penelitian. Jakarta: Rajawali Press, 1990.

Azra, Azyumardi. Islam Di Asia Tenggara, Pengantar Pemikiran Dalam Azyumardi Azra (Ed.), Persfektif Islam Di Asia Tenggara. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1989.

Daulay, Haidar Putra. Dinamika Pendidikan Islam Di Asia Tenggara. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Hamalik, Oemar. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 1995.

Helmiati, Helmiati. “Dinamika Islam Singapura: Menelisik Pengalaman Minoritas Muslim Di Negara Singapura Yang Sekular & Multikultural.” TOLERANSI: Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama 5, no. 2 (2013): 87–99.

Hitami, Munzir. Sejarah Islam Asia Tenggara. Pekanbaru: AlafRiau, 2006.

Isri, Saifullah. “Konsep Pendidikan Jerman Dan Australia; Kajian Komparatif Dan Aplikatif Terhadap Mutu Pendidikan Indonesia.” Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (2015): 25.

Maksum, Maksum. Maksum Maksum, Madrasah: Sejarah Dan Perkembangannya. Jakarta: Logos, 1999.

Miel, Alice. Changing the Curriculum a School Process. New York: Apletion Century Company, 1946.

Mohammad Kosim. “Pendidikan Islam Di Singapura: Studi Kasus Madrasah Al-Juneid Al-Islamiyah.” Al-Tahrir 11, no. 2 (2011): 433–55.

Mokhtar, Intan Azura. “Madrasahs in Singapore: Bridging Between Their Roles, Relevance and Resources.” Journal of Muslim Minority Affairs 30, no. 1 (2010): 112–25. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1080/13602001003650663.

Nasir, Kamaludin Mohamed, Alexux A. Pereira, and Bryan S. Turner. Muslims in SingaPore; Piety, Politics and Policies. London: Routledge Taylor & Francis Group, 2010.

Nizar, Moh. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1988.

Nur, Agustiar Syah. Perbandingan Sistem Pendidikan 15 Negara. Bandung: Lubuk Agung, 2001.

Patton, Michael Quinn. Qualitative Evaluation Methods. Baverly Hills: Sage Publiction, 1987.

Saah, Tohiroh. “Pendidikan Islam Di Pattani Selatan Perspektif Historis.” UIN Raden Intan Lampung, 2017.

Sanurdi, Sanurdi. “Islam Di Thailand,.” Tasamuh: Jurnal Studi Islam 10, no. 2 (2018): 381–82.

Steenbrink, Karel A. Pesantren Madrasah Sekolah; Pendidikan Islam Dalam Kurun Modern. Jakarta: LP3S, 1994.

Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta, 2006.

Susanto, Pendi. “Perbandingan Pendidikan Islam Di Asia Tenggara.” Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (2015): 75. https://doi.org/10.14421/jpi.2015.41.71-93.

Tohir, Ajid. Perkembangan Peradaban Di Kawasan Dunia Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004.

Waehaji, Miss Baldah. “Model Pendidikan Islam Sekolah Puyud Pracharak Provinsi Pattani Thailand.” UIN Walisongo Semarang, 2017.

Webster’s, Webster’s. New International Dictionary. New York: Gc. Merriam Company, 1953.

Yunus, Mahmud. Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia. Jakarta: Hidakarya Agung, 1996.

Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2004.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Muslih, M., & Kholis, N. (2021). Telaah Komparatif Kurikulum Lembaga Pendidikan Islam di Singapura dan Thailand. Kariman: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 9(2), 191–212. https://doi.org/10.52185/kariman.v9i2.191