Tata Kelola Kearsipan di Kantor Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Sumedang
DOI:
https://doi.org/10.52185/kariman.v7i2.111Keywords:
Manajemen, kearsipan, pendidikan madrasahAbstract
Pada Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Republik Indonesia Kabupaten Sumedang terdapat 47 berkas arsip Ajuan Sertifikasi Guru 2018 yang belum tersusun rapi masih terpisah dalam berkas map sehingga pengelola kesulitan dalam mensortir serta mencari file yang sesuai dengan kebutuhan pendaftaran. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap tata kelola kearsipan di Kementerian Agama Seksi Pendidikan Madrasah Kabupaten Sumedang, Indonesia. Metode Penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa tata kelola penyimpanan arsip meliputi; pertama, penerimaan berkas ajuan sertifikasi guru; kedua, pencatatan melalui pendataan manual blangko pendaftaran; ketiga, penataan menggunakan map merah bagi guru madrasah aliyah, biru madrasah tsanawiyah dan hijau untuk madrasah ibtidaiyah; keempat, penyimpanan arsip dilakukan pada ruangan staf pendidikan madrasah secara terbuka.
References
Amsyah, Zulkifli, Manajemen Kearsipan, III (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2003)
———, Manajemen Kearsipan, II (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2001)
ANRI, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tentang Kearsipan (Jakarta: Arsipari Nasional RI, 2009)
———, Undang-Undang Republik Indonesia Tahun 1971, ed. by Badan Arsipari Nasional RI (Jakarta, 1971)
Beck, Martha Catherine, and Irawan Irawan, ‘Islam, Pancasila and Value Systems of Indonesian National Education’, Jurnal Pendidikan Islam, 1 (2016), 1 <https://doi.org/10.15575/jpi.v1i1.610>
Ernawati, Erti, Pentingnya Pengelolaan Arsip Elektronik Dalam Rangka Efisiensi Administrasi Penelitian, ed. by Warta Kebun Raya, Jilid 14 (Bogor: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya, 2016)
———, ‘Pentingnya Penyusutan Arsip Dalam Rangka Efektivitas Dan Efisiensi Pelayanan Di PKT Kebun Raya-LIPI’, Warta Kebun Raya (Semi-Popular Magazine), 13 (2017), 59–65 <http://jurnal2.krbogor.lipi.go.id/index.php/warta/article/view/266>
Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004)
Monita, ‘Pentingnya Penyelenggaraan Kearsipan Pada Unit Kearsipan Skpd Dan Pengawasan Kearsipan Di Lingkungan Pemerintah Provinsi’, Provinsi Sumatera Barat: P2 Madya Pada Inspektorat Daerah, 2018, pp. 1–4 <https://inspektorat.sumbarprov.go.id/details/news/9153> [accessed 30 December 2019]
Mufiz, Ali, Pengantar Administrasi Negara, I (Jakarta: Pusat Penerbit Universitas Terbuka, 2004)
Nurdiana, Mia, and Ari Prayoga, ‘Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di Madrasah’, Madrasa: Journal of Islamic Educational Management, 1 (2018), 9–15 <https://doi.org/10.32940/mjiem.v1i0.2>
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, 24th edn (Bandung: Alfabeta, 2016)
Supiana, A, Sistem Pendidikan Madrasah Unggulan : Di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia Tangerang, Madrasah Aliyah Negri 1 Bandung, Dan Madrasah Aliyah Negri Darussalam Ciamis (Jakarta: Badan Litbang Dan Diklat Departemen Agama RI, 2008)
Wirawanty, Farida, ‘Tata Kelola Penyimpanan Arsip Dalam Upaya Meningkatkan Efisiensi Penemuan Kembali Arsip Di Kantor Perpustakaan Umum Dan Arsip Kabupaten Pamekasan’, Jurnal Administrasi Perkantoran (JPAP), 2014, 01–16 <https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/9333>
Wursanto, Dasar-Dasar Ilmu Organisasi, I (Yogyakarta: CV.Andi, 2003)
———, Etika Komunikasi Kantor (Malang: Kanisius, 2003)