OPTIMALISASI POTENSI INTERNAL: STRATEGI EFEKTIF MANAJEMEN PENGEMBANGAN MADRASAH

Authors

  • Nisrina Hikmawati Institut Kariman Wirayudha Sumenep
  • Didik Santoso MI Negeri I Sumenep

DOI:

https://doi.org/10.52185/abuyaVol3iss1Y2025667

Keywords:

Madrasah Development Management, Conceptual Strategy, Operational Strategy, Internal Potential

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi konseptual dan operasional dalam manajemen pengembangan madrasah, serta mengkaji bagaimana potensi internal di MIN 1 Sumenep dioptimalkan untuk mewujudkan mutu pendidikan yang berkelanjutan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, studi dokumentasi, dan forum grup diskusi (FGD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi konseptual disusun secara kolektif melalui rapat kerja tahunan dan forum musyawarah madrasah, sementara strategi operasional diwujudkan dalam bentuk pelaksanaan program-program konkret yang melibatkan secara aktif seluruh warga madrasah. Optimalisasi potensi internal mencakup pengelolaan sumber daya manusia (guru, siswa, tenaga kependidikan, wali murid, dan mitra), pengembangan program-program unggulan, serta pemanfaatan sarana prasarana yang memadai. Efektivitas strategi ini terlihat dari peningkatan kepercayaan masyarakat, penguatan program tahsin dan tahfidz, pelaksanaan pekan kewirausahaan, inovasi pembelajaran berbasis e-learning, dan meningkatnya prestasi siswa. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya penerapan kepemimpinan partisipatif dan penguatan tata kelola berbasis potensi untuk memperkuat pengembangan madrasah. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengeksplorasi strategi kepemimpinan inovatif dan replikasi model ini di madrasah lain dengan konteks yang berbeda.

References

Adilah, H. G., & Suryana, Y. (2021). Manajemen Strategik Dalam Meningkatkan Mutu ‎Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 6(1), 87–94. https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.11037

Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planing, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Pearson Education Inc.

Ellong, T. A. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Iqra’, 11(1). https://doi.org/10.30984/jii.v11i1.574

Febriyanti, L., & Amrullah, M. (2023). Analysis of the Implementation of Students’ Religious Character Education Through Islamic Habituation in Elementary Schools. Indonesian Journal of Education Methods Development, 18(1), 10–21070. https://ijemd.umsida.ac.id/index.php/ijemd/article/view/691

Hasanah, N. (2021). The Role of Madrasah Ibtidaiyah in Building Student Characters in The Era Of The 4.0 Industrial Revolution. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam. https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/NAZHRUNA/article/view/1304

Hastasasi, W., Harjatanaya, T. Y., Kristiani, A. D., Herutami, I., & Andiarti, A. (2022). Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan (Issue April). Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.

Hidayah, S. Z., Haris, M., & Hasyim Rosyidi, M. (2022). Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Sosial Guru di MTs Al Khoiriyah 2 Mulyorejo Dalegan Panceng Gresik. Mudir : Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 153–161. https://doi.org/10.55352/mudir.v4i1.489

Hikmawati, N. (2021). The Strategy Of Emergency Curriculum Management For In Pandemic Of Covid-19 In MI Negeri 1 Sumenep. International Conference Character Education And Digital Learning (ICCEDL), 364–374. https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/ICCEDL

Hikmawati, N., Sufiyanto, M. I., & Jamilah. (2023). Konsep dan Implementasi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) dalam Manajemen Kurikulum SD/MI. Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 1–16. https://jurnalinkadha.org/index.php/abuya/article/view/278

Husain, H. (2023). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di MTsN 3 Bombana. EDU-MANDARA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1). https://ejournal.edu-trans.org/mandara/article/view/29

Jamal, N., & Syarifah, M. (2018). Pengelolaan Administrasi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. KABILAH : Journal of Social Community, 3(2), 210–222. https://doi.org/10.35127/kbl.v3i2.3410

Maghfiroh, L. (2018). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah melalui Total Quality Management (TQM) di Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim Yogyakarta. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1), 19–39. https://doi.org/10.52166/talim.v1i1.623

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (Third). Sage Publications.

Mujiati, S. H., & Sulastini, R. (2021). Manajemen Pengembangan Kurikulum Dalam Mewujudkan Pendidikan Bermutu Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) 1 Purbalingga. Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 5(2), 33–58. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v5i2.369

Mukhlasin, A. (2021). Dualisme Penyelenggaraan Pendidikan. Cybernetics: Journal Educational Research and Sosial Studies, 2(1), 62–72.

Shelina, C., & Br Panjaitan, L. H. (2023). Manajemen Strategik dan Manajemen Operasional serta Implementasinya pada Lembaga Pendidikan. MES Management Journal, 2(2), 194–206. https://doi.org/10.56709/mesman.v2i2.84

Sirojudin, A. (2019). Manajemen Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 6(2), 204–219. https://doi.org/10.36835/modeling.v6i2.162

Sugiyono. (2022). Metode Penelitan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (Eedisi 2). CV. Alfabeta.

Suyitno, S. (2021). Peningkatan Daya Saing Madrasah Melalui Optimalisasi Program Ekstrakurikuler. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1161–1169. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.518

Wahyuni, E. S., & Marzuki, I. (2022). Identifikasi Penyebab Turunnya Ketertarikan Calon Peserta Didik Untuk Menempuh Pendidikan Di Mi Al-Furq’on. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 249–254. https://doi.org/10.52060/mp.v7i2.950

Wijasena, A. C., & Haq, M. S. (2021). Optimalisasi Sarana Prasarana Berbasis IT Sebagai Penunjang Pembelajaran Dalam Jaringan. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/38779

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Nisrina Hikmawati, & Santoso, D. (2025). OPTIMALISASI POTENSI INTERNAL: STRATEGI EFEKTIF MANAJEMEN PENGEMBANGAN MADRASAH. Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 60–76. https://doi.org/10.52185/abuyaVol3iss1Y2025667