KONSEP DAN IMPLEMENTASI KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) DALAM MANAJEMEN KURIKULUM SD/MI
DOI:
https://doi.org/10.52185/abuyaVol1iss1Y2023278Keywords:
Manajemen Kurikulum, Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Dasar, Artificial Intelligence, Era Society 5.0, Revolusi Industri 4.0Abstract
Memasuki era Revolusi Industri 4.0 dan era Society 5.0 saat ini, menuntut pendidikan untuk berbenah dan berevolusi sehingga dapat membentuk Sumber Daya Manusia yang tangguh berkarakter dan siap menghadapi perkembangan zaman. Pendidikan tingkat dasar memegang peranan sangat penting dalam persiapan ini. Manajemen kurikulum sekolah dasar harus dirancang dan dikembangkan secara dinamis mengikuti perkembangan zaman dan perkembangan siswa. Kurikulum mengarah pada proses pembelajaran dengan mengukur hasil belajar siswa. Artificial Intelligence merupakan teknologi kecerdasan buatan yang diyakini mampu membantu manusia dalam kehidupannya, sehingga perlu diimplementasikan dalam pendidikan sebagai bekal bagi siswa mengenal dan memanfaatkan teknologi dalam kehidupannya. Melalui metode Narrative Literature Review artikel ini menggambarkan konsep manajemen kurikulum sekolah dasar berbasis Artificial Intelligence melalui studi terhadap empat literatur yang relevan. Dalam pembelajaran, teknologi Artificial Intelligence dapat berperan sebagai Sistem Tutor, Intelligent Tutee, alat/media pembelajaran, dan Panduan membuat kebijakan kurikulum dan pendidikan. Hasil penelitian ini menjadi gambaran konsep kurikulum sekolah Dasar berbasis Artificial Intelligence, sehingga dapat menjadi bahan referensi dalam kegiatan manajemen kurikulum SD/MI.
References
Chassignol, M., Khoroshavin, A., Klimova, A., & Bilyatdinova, A. (2018). Artificial Intelligence trends in education: A narrative overview. Procedia Computer Science, 136, 16–24. https://doi.org/10.1016/j.procs.2018.08.233
Chen, L., Chen, P., & Lin, Z. (2020). Artificial Intelligence in Education: A Review. IEEE Access, 8, 75264–75278. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.2988510
Dai, Y., Chai, C. S., Lin, P. Y., Jong, M. S. Y., Guo, Y., & Qin, J. (2020). Promoting students’well-being by developing their readiness for the artificial intelligence age. Sustainability (Switzerland), 12(16), 1–15. https://doi.org/10.3390/su12166597
Ford, E. (2020). Tell me your story: Narrative inquiry in LIS research. College & Research Libraries, 81(2), 235–247. https://doi.org/https://doi.org/10.5860/crl.81.2.235
Frandsen, T. F., Sørensen, K. M., & Anne, L. F. (2021). Library stories: A systematic review of narrative aspects within and around libraries. Journal of Documentation, 77(5), 1128–1141. https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/JD-10-2020-0182/full/pdf?casa_token=8XldYSl2gfYAAAAA:bIUQM6DjDL6WPHEcC-ylfwU3pb_RNEnckNxvCFYrt__ZfXmMfMpfQIN5C6b9Adzt3SF3VxAhdPe7qnpzDc2c2WilEXUzz3MgdqTgmSs24BLkF-Jf85ZZ
Fukuyama, M. (2018). Society 5.0: Aiming for a New Human-centered Society. Japan SPOTLIGHT, August, 8–13.
Hamalik, O. (2017). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Remaja Rosdakarya.
Handayani, N. N. L., Muliastrini, N. K. E., & ... (2021). Pembelajaran Era Disrupsi Menuju Era Society 5.0 (Telaah Perspektif Pendidikan Dasar). In …. e-journal.stkip-amlapura.ac.id. http://e-journal.stkip-amlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang/article/download/252/145
Hermawansyah, H. (2021). Manajemen Lembaga Pendidikan Sekolah Berbasis Digitalisasi Di Era Covid-19. Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan. http://ejournal.stitbima.ac.id/index.php/fitrah/article/view/320
Hikmawati, N. (2020). Pandemi covid-19 Mendorong Literasi Teknologi dan Informasi di semua Lapisan Masyarakat. In Antologi Pendidikan di Masa Pandemi (pp. 127–136). KBM Indonesia.
Hwang, G. J., Xie, H., Wah, B. W., & Gašević, D. (2020). Vision, challenges, roles and research issues of Artificial Intelligence in Education. Computers and Education: Artificial Intelligence, 1, 1–5. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2020.100001
Kamaludin, F. S., & Purnama, T. S. (2021). Religious moderation strategy in the virtual era and its implication to improving the quality of education. Jurnal Pendidikan Islam. https://eprints.uai.ac.id/1974/
Kemendikbudristek. (2021). Kebijakan Kurikulum untuk Membantu Pemulihan Pembelajaran. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, November, 2021. https://drive.google.com/file/d/1r2vwr6eB9-9pRxc6y04d0oqai62CiEYf/view
Khaulani, F., Marsidin, S., & Sabandi, A. (2020). Analisis Kebijakan dan Pengelolaan Pendidikan Dasar terkait Standar Isi di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 121–127. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i2.112
Manaf, A. (2015). Manajemen Kurikulum pembelajaran di madrasah:Pemetaan Pengajaran. Kalimedia.
Marini, A. (2014). Manajemen Sekolah Dasar. PT Remaja Rosdakarya.
NDörnyei, Z., & Ushioda, E. (2013). Teaching and researching motivation, second edition. Teaching and Researching Motivation, Second Edition. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9781315833750
Rahadiantino, L. (2022). Implementasi Pembelajaran Artificial Intelligence Bagi Siswa Sekolah Dasar di Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 92–101. https://doi.org/10.24036/jippsd.v6i1.115857
Utami, R. (2019). Integrasi Kurikulum di Indonesia dalam Menghadapi Era Society 5.0. Prosiding 4th International Conference on Education, 213–218.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.