KONSEP DAN IMPLEMENTASI KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) DALAM MANAJEMEN KURIKULUM SD/MI

Authors

DOI:

https://doi.org/10.52185/abuyaVol1iss1Y2023278

Keywords:

Manajemen Kurikulum, Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Dasar, Artificial Intelligence, Era Society 5.0, Revolusi Industri 4.0

Abstract

Memasuki era Revolusi Industri 4.0 dan era Society 5.0 saat ini, menuntut pendidikan untuk berbenah dan berevolusi sehingga dapat membentuk Sumber Daya Manusia yang tangguh berkarakter dan siap menghadapi perkembangan zaman. Pendidikan tingkat dasar memegang peranan sangat penting dalam persiapan ini. Manajemen kurikulum sekolah dasar harus dirancang dan dikembangkan secara dinamis mengikuti perkembangan zaman dan perkembangan siswa. Kurikulum mengarah pada proses pembelajaran dengan mengukur hasil belajar siswa. Artificial Intelligence merupakan teknologi kecerdasan buatan yang diyakini mampu membantu manusia dalam kehidupannya, sehingga perlu diimplementasikan dalam pendidikan sebagai bekal bagi siswa mengenal dan memanfaatkan teknologi dalam kehidupannya. Melalui metode Narrative Literature Review artikel ini menggambarkan konsep manajemen kurikulum sekolah dasar berbasis Artificial Intelligence melalui studi terhadap empat literatur yang relevan. Dalam pembelajaran, teknologi Artificial Intelligence dapat berperan sebagai Sistem Tutor, Intelligent Tutee, alat/media pembelajaran, dan Panduan membuat kebijakan kurikulum dan pendidikan. Hasil penelitian ini menjadi gambaran konsep kurikulum sekolah Dasar berbasis Artificial Intelligence, sehingga dapat menjadi bahan referensi dalam kegiatan manajemen kurikulum SD/MI.

Author Biographies

Nisrina Hikmawati, Institut Kariman Wirayudha Sumenep

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Moh. Imam Sufiyanto, IAIN Madura

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Jamilah Jamilah, STKIP PGRI Sumenep

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Chassignol, M., Khoroshavin, A., Klimova, A., & Bilyatdinova, A. (2018). Artificial Intelligence trends in education: A narrative overview. Procedia Computer Science, 136, 16–24. https://doi.org/10.1016/j.procs.2018.08.233

Chen, L., Chen, P., & Lin, Z. (2020). Artificial Intelligence in Education: A Review. IEEE Access, 8, 75264–75278. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.2988510

Dai, Y., Chai, C. S., Lin, P. Y., Jong, M. S. Y., Guo, Y., & Qin, J. (2020). Promoting students’well-being by developing their readiness for the artificial intelligence age. Sustainability (Switzerland), 12(16), 1–15. https://doi.org/10.3390/su12166597

Ford, E. (2020). Tell me your story: Narrative inquiry in LIS research. College & Research Libraries, 81(2), 235–247. https://doi.org/https://doi.org/10.5860/crl.81.2.235

Frandsen, T. F., Sørensen, K. M., & Anne, L. F. (2021). Library stories: A systematic review of narrative aspects within and around libraries. Journal of Documentation, 77(5), 1128–1141. https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/JD-10-2020-0182/full/pdf?casa_token=8XldYSl2gfYAAAAA:bIUQM6DjDL6WPHEcC-ylfwU3pb_RNEnckNxvCFYrt__ZfXmMfMpfQIN5C6b9Adzt3SF3VxAhdPe7qnpzDc2c2WilEXUzz3MgdqTgmSs24BLkF-Jf85ZZ

Fukuyama, M. (2018). Society 5.0: Aiming for a New Human-centered Society. Japan SPOTLIGHT, August, 8–13.

Hamalik, O. (2017). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Remaja Rosdakarya.

Handayani, N. N. L., Muliastrini, N. K. E., & ... (2021). Pembelajaran Era Disrupsi Menuju Era Society 5.0 (Telaah Perspektif Pendidikan Dasar). In …. e-journal.stkip-amlapura.ac.id. http://e-journal.stkip-amlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang/article/download/252/145

Hermawansyah, H. (2021). Manajemen Lembaga Pendidikan Sekolah Berbasis Digitalisasi Di Era Covid-19. Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan. http://ejournal.stitbima.ac.id/index.php/fitrah/article/view/320

Hikmawati, N. (2020). Pandemi covid-19 Mendorong Literasi Teknologi dan Informasi di semua Lapisan Masyarakat. In Antologi Pendidikan di Masa Pandemi (pp. 127–136). KBM Indonesia.

Hwang, G. J., Xie, H., Wah, B. W., & Gašević, D. (2020). Vision, challenges, roles and research issues of Artificial Intelligence in Education. Computers and Education: Artificial Intelligence, 1, 1–5. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2020.100001

Kamaludin, F. S., & Purnama, T. S. (2021). Religious moderation strategy in the virtual era and its implication to improving the quality of education. Jurnal Pendidikan Islam. https://eprints.uai.ac.id/1974/

Kemendikbudristek. (2021). Kebijakan Kurikulum untuk Membantu Pemulihan Pembelajaran. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, November, 2021. https://drive.google.com/file/d/1r2vwr6eB9-9pRxc6y04d0oqai62CiEYf/view

Khaulani, F., Marsidin, S., & Sabandi, A. (2020). Analisis Kebijakan dan Pengelolaan Pendidikan Dasar terkait Standar Isi di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 121–127. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i2.112

Manaf, A. (2015). Manajemen Kurikulum pembelajaran di madrasah:Pemetaan Pengajaran. Kalimedia.

Marini, A. (2014). Manajemen Sekolah Dasar. PT Remaja Rosdakarya.

NDörnyei, Z., & Ushioda, E. (2013). Teaching and researching motivation, second edition. Teaching and Researching Motivation, Second Edition. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9781315833750

Rahadiantino, L. (2022). Implementasi Pembelajaran Artificial Intelligence Bagi Siswa Sekolah Dasar di Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 92–101. https://doi.org/10.24036/jippsd.v6i1.115857

Utami, R. (2019). Integrasi Kurikulum di Indonesia dalam Menghadapi Era Society 5.0. Prosiding 4th International Conference on Education, 213–218.

Downloads

Published

2023-05-30 — Updated on 2023-05-30

How to Cite

Nisrina Hikmawati, Moh. Imam Sufiyanto, & Jamilah, J. (2023). KONSEP DAN IMPLEMENTASI KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) DALAM MANAJEMEN KURIKULUM SD/MI. Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.52185/abuyaVol1iss1Y2023278