Strategi Pemasaran Tabungan Haji dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah di PT. BPRS Bhakti Sumekar Cabang Gapura
DOI:
https://doi.org/10.52185/taswiq.v1i1.636Keywords:
Strategi Pemasaran, meningkatkan Jumlah Nasabah, Tabungan HajiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Bagaimana strategi pemasaran tabungan haji dalam meningkatkan jumlah nasabah di PT. BPRS Bhakti Sumekar Cabang Gapura?, (2) bagaimana kendala terkait strategi pemasaran tabungan haji dalam meningkatkan jumlah nasabah di PT. BPRS Bhakti Sumekar Cabang Gapura?. Untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil analisis menggambarkan bahwa: Pertama, PT.BPRS Bhakti Sumekar Cabang Gapura dalam strategi pemasarannya menggunakan bauran pemasaran diantara salah satunya yaitu promosi dalam menambah jumlah nasabah pada produk tabungan haji. Kedua, penelitian ini menggambarkan bahwa PT. BPRS Bhakti Sumekar Cabang Gapura tentunya memilki beberapa kendala terkait dalam melaksanakan strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah pada tabungan haji. Salah satunya lamanya masa tunggu haji yang juga mengakibatkan kendala dalam perkembagan jumlah nasabah pada tabungan haji yang ada di PT. BPRS Bhakti Sumekar Cabang Gapura.
References
Al Arif, M. Nur Rianto. Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta, 2012.
Anoraga, Pandji. Pengantar Bisnis: Pengelolaan dalam Era Globalisasi. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.
Astuti, Selvi Vinda. “Analisis Strategi Pemasaran Syariah dalam Produk Tabungan Haji dan Umrah Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada BSI KC Kudus Ahmad Yani 1,” 2023.
BPRS Sumekar. “Tabungan Haji,” t.t. https://www.bhaktisumekar.co.id/v2/tabungan-haji/.
Etar, Nuruddin. Al-Khajj Wa Al-Umrah Fi Al-Fiqh Al-Islami, 1984.
Fauziya, Fitri, dan W Wage. “Upaya BPRS Buana Mitra Perwira Cabang Banjarnegara Dalam Meluruskan Persepsi Masyarakat Tentang Bank Syariah.” Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam 17, no. 1 (2016): 40–53.
Ismail. Perbankan Syariah. Cet 1. Jakarta: Kencana Pernamedia Group, 2011.
Kahlifah. Wawancara, 12 Juli 2024.
Karim, Adiwarman. Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan. 4: RajaGrafindo Persada, 2008.
Kasmir. Pemasaran Bank. Cet.4. Jakarta: Kencana, 2010.
Kolter, Philip. Manajemen Pemasaran. USA: River, 2016.
Putri, Qurratul Aini. Wawacara dengan CS, 22 Juli 2024.
Soemanagara, Kennedy. Marketing Communication Taktik dan Strategi. Jakarta: Buana Populer kelompok Gramedia, 2006.
Sofjan, Assauri. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
Suwiknyo, Dwi. Analisis Laporan Keuangan Perbankan Syariah. Cet.2. Yogyakatra: Pustaka Pelajar, 2016.
Suyadi Kepala Cabang BPRS Bhakti Sumekar Cabang Gapura, Encung. Wawancara, 12 Juli 2024.
Wijaya, Temmy. “Urgensi Pemerintah Kabupaten/Kota Mendirikan BPR Syariah.” Profit: Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah 3, no. 2 (2019): 80–90.
Wiwoho, Jamal. “Peran Lembaga Keuangan Bank dan Lembaga Keuangan Bukan Bank dalam Memberikan Distribusi Keadilan Bagi Masyarakat.” Masalah-Masalah Hukum 43, no. 1 (2014): 87–97.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhni, Siti Ra’odatul Hasana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.