EFEKTIVITAS MODEL MEDIA FLIPCHART DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V MI RAUDLATUL MUSTARSYIDIN

Authors

  • Qusairi Institut Kariman Wirayudha Sumenep

DOI:

https://doi.org/10.52185/abuyaVol3iss1Y2025675

Keywords:

Flipchart, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Partisipasi Siswa, Media Visual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas model pembelajaran Flipchart dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V MI Raudlatul Mustarsyidin. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus, masing-masing disertai evaluasi hasil belajar dan observasi aktivitas guru dan siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II, dengan persentase ketuntasan meningkat dari 52% menjadi 78%. Selain itu, terdapat peningkatan partisipasi siswa dalam pembelajaran dan efektivitas guru dalam menyampaikan materi menggunakan media Flipchart. Media ini terbukti mampu menciptakan suasana pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik, memfasilitasi pemahaman materi secara visual, serta meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses tanya jawab. Dengan demikian, Flipchart dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif dan aplikatif dalam mendukung proses belajar mengajar di sekolah dasar. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menerapkan media ini pada mata pelajaran lain dan jenjang pendidikan yang berbeda guna melihat konsistensi efektivitasnya.

References

Albi Anggito, J. S. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Asip, M. (2020). Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SD. CV. Media Sains Indonesia.

Aziz, A., Sari, N. R., Sibilana, A. R., Muniri, & Surahmat. (2020). Improving student achievement using flipchart based cooperative learning in tulungagung. Universal Journal of Educational Research, 8(10), 4628–4633. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081031

Azizah, N., Carlian, Y., & Pratiwi, I. M. (2021). Penggunaan Media Lembar Balik (Flipchart) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa dalam Pembelajaran Tematik. EduBase : Journal of Basic Education, 2(2). https://doi.org/10.47453/edubase.v2i2.396

Balante, J., Candelaria, D., Perez, D., & Koo, F. (2023). Nursing students’ experiences of using flipcharts as a learning tool during the COVID-19 pandemic. Nurse Education Today, 120, 105650. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2022.105650

Chen, R. (2023). Instructional Support for Visual Displays: An Updated Literature Review. Technology, Knowledge and Learning, 29, 1191–1205. https://doi.org/10.1007/s10758-023-09699-x

Dewi, N. P. Y., Suandi, I. N., & Sudiana, I. N. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar, Sikap Bahasa, Dan Kebiasaan Membaca Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(1). https://doi.org/10.23887/jppbi.v9i1.3204

Dhonal, A., & Effendi, E. (2021). Pengembangkan Bahan Ajar Elektronik LKPD yang Terintegrasi STEM-PjBL pada Materi Termokimia di SMAN 1 Gunung Talang. Entalpi Pendidikan Kimia, 2(2), 17-25. https://doi.org/10.24036/epk.v0i0.136

Donkor, S. K., Nyavor, L. G., Addai-Tuffour, P., Abieraba, R. S. K., Sorkpor, R. S., & Ocansey, R. (2021). Intra-observer evaluation of teacher-student questioning behaviours: A case study of the quality and frequency of questions administered in physical education theory class. International Journal of Physical Education, Sports and Health, 8(5), 192–197. https://doi.org/10.22271/kheljournal.2021.v8.i5c.2286

Lestari, U. N. P. (2025). Penggunaan Media Pembela Jaran Flipchartdalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 12(1), 20–28. https://doi.org/https://doi.org/10.69896/modeling.v12i1.2661

Mahatody, T., Sagar, M., & Kolski, C. (2010). State of the art on the cognitive walkthrough method, its variants and evolutions. International Journal of Human-Computer Interaction, 26(8). https://doi.org/10.1080/10447311003781409

Ningtyas, S. Z., & Pradikto, S. (2025). Pengaruh Metode Pembelajaran Konvensional dan Game terhadap Pembelajaran KWU dalam Meningkatkan Minat Belajar SMAN 4 Pasuruan. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v3i1.1507

Sarosa, S. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif. PT. Kanisius.

Shanmugavelu, G., Ariffin, K., Vadivelu, M., Mahayudin, Z., & R K Sundaram, M. A. (2020). Questioning Techniques and Teachers’ Role in the Classroom. Shanlax International Journal of Education, 8(4), 45–49. https://doi.org/10.34293/education.v8i4.3260

Suhirman. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Pendekatan Teoritis dan Praktis). Sanabil.

Taha, T. B., & Abdulrahman, M. S. (2023). The Impact of Technology on Students’ Psychological and Educational Performance. JISA(Jurnal Informatika Dan Sains), 6(1). https://doi.org/10.31326/jisa.v6i1.1661

Talakua, C., & Aloatuan, F. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Flipchart terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMA Negeri 24 Maluku Tengah. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(01). https://doi.org/10.22437/bio.v7i01.12228

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Qusairi. (2025). EFEKTIVITAS MODEL MEDIA FLIPCHART DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V MI RAUDLATUL MUSTARSYIDIN. Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 49–59. https://doi.org/10.52185/abuyaVol3iss1Y2025675