MENJAWAB TANTANGAN LITERASI: UPAYA PENGUATAN KETERAMPILAN MEMBACA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.52185/abuyaVol3iss1Y2025627Keywords:
keterampilan membaca, mengembangkan, Sekolah dasarAbstract
Keterampilan membaca merupakan aspek fundamental dalam pendidikan dasar yang berperan penting dalam perkembangan kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep keterampilan membaca di sekolah dasar, termasuk metode, tantangan, dan strategi pengembangannya. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif berbasis studi literatur, penelitian ini menganalisis berbagai referensi dari buku, artikel jurnal, dan dokumen akademis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode PQ4R, metode eja, metode fonik, dan metode global efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa. Namun, terdapat tantangan seperti rendahnya minat baca, kesulitan memahami teks, gangguan pembelajaran, kurangnya latihan membaca, serta keterbatasan fasilitas. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan inovatif dalam pengajaran membaca, pemanfaatan media pembelajaran yang menarik, serta penguatan budaya literasi di sekolah dan rumah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru dan pemangku kebijakan dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa sekolah dasar.
References
Adhim, mohammad fauzil. (2004). MEMBUAT ANAK GILA MEMBACA. Mizani PT Mizan Pustaka Anggota IKAPI.
Aji, S., & Khairun, nisya risma. (2023). Gemar Membaca Terampil Menulis: Keterampilan Reseptif dan Produktif dalam Berbahasa. CV. Adanu Abimata.
Anderson, L. M., Brubaker, N. L., & ... (1985). A qualitative study of seatwork in first-grade classrooms. The Elementary School Journal, 86(2). https://doi.org/10.1086/461438
Anggraeni, D. T., Ahmad, A., Nuraeni, L., Fadillah, A. N., & Maemun, A. (2025). Analisis Pengaruh Literasi Membaca terhadap Pemahaman Teks Pada Siswa Sekolah Dasar melalui Cerita Pendek. 9, 1853–1858.
Ariawan, V. A. N., Utami, N. T., & Rahman, R. (2018). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Melalui Implementasi Model CIRC Berbantuan Media Cetak. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(2), 95–104. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i2.3529
Asih, R. (2021). Keterampilan Membaca. k-Media Anggota IKPI.
Budi, A., Listian, I., & Juariah, S. (2024). MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR PADA ANAK YANG MENGALAMI DISLEKSIA MELALUI INTERVENSI: STUDI KASUS. Cerdika : Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(7), 517.
Cholifah, T. N. (2024). Profil Literasi Membaca dan Literasi Budaya Siswa dalam Mendukung Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 282–293. https://www.jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-madrasah/article/view/2941
Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planing, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Pearson Education Inc.
Guthrie, J. T., & Wigfield, A. (2000). Engagement and Motivation in Reading. In Handbook of Reading Research (3rd ed.). Longman.
Halimah, A. (2014). METODE PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN DI SD/MI. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 190–200.
Hamzah, R. A. (2020). Meningkatkan keterampilan membaca pemahaman melalui penggunaan pembelajaran metode sq3r pada siswa kelas v sd negeri 2 malino. Algazali Journal, 3(1), 1–8.
Harianto, E. (2020). Keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 1–8. https://www.jurnaldidaktika.org/contents/article/view/2
Hemphill, L., & Snow, C. (1998). Language and literacy development: Discontinuities and differences. In D. R. Olson & N. Torrance (Eds.), The Handbook of Education and Human Development: New Models of Learning, Teaching and Schooling. Wiley Online Library. https://doi.org/10.1111/b.9780631211860.1998.00010.x
Hikmawati, N. (2018). Analisa Kesiapan Kognitif Siswa SD/MI. Kariman, 06(01), 109–128.
Karim, M. F., & Fathoni, A. (2022). Pembelajaran CIRC dalam Menumbuhkan Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5910–5917. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3164
Karyati, Z. (2021). Pengaruh Keterampilan Membaca Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar di Kota Tangerang. Jurnal Educatio, 7(3), 1135–1142. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1370
Kemendikbud, S. G. L. S. (2018). Gerakan literasi sekolah (2nd ed.). Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kress, G. (2010). Multimodality A Social Semiotic Approach to Contemporary Communication (Routledge (ed.); 1st ed.).
Mustadi, ali. (2021). Strategi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dan Bersastra yang Efektif di Sekolah Dasar. UNY Prees.
Ninio, A., & Snow, C. E. (1998). The development of pragmatics: Learning to use language appropriately. Handbook of Child Language Acquisition. https://brill.com/downloadpdf/book/9789004653023/B9789004653023_s014.pdf
Novia, K. (2020). 15 Menit Belajar Membaca Anak Pintar. PENSIL WARNA.
Nurhadi. (2021). Teknik Membaca (3rd ed.). Bumi Aksara.
Pane, A. I., Adinda, K., Milala, S., & Elfisa, P. (2024). Problematika Dan Solusi Rendahnya Kemampuan Serta Minat Membaca Siswa Kelas 3 Sdn 101765 Bandar Setia. NALAR: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 23–28. https://doi.org/10.56444/nalar.v3i1.1529
Pane, R. N., Lumbantoruan, S., & Simanjuntak, S. D. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu Volume, 1(03), 173–180.
Pitaloka, D., Istiyati, S., & Yulisetiani, S. (2024). Model pedagogi genre untuk mengembangkan keterampilan membaca pemahaman bahasa indonesia di sekolah dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(4), 195–200. https://doi.org/10.20961/jpiuns.v9i4.82147
Purwati, L. M. (2018). PENGARUH MODEL MULTILITERASI INFORMASI DENGAN MODEL MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA CERMAT TEKS BERITA. repository.upi.edu. http://repository.upi.edu/id/eprint/32955
Rahayu, R. A., Riyadi, A. R., & Hartati, T. (2018). Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JPGSD), 3(2), 46–56. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/article/view/14068
Sabrina, A., Usman, H., & Azzahra, S. F. (2022). Analisis Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar: (Studi Kasus Pada Siswa Kelas 1 SDIT Az-Zahra Cibitung). Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, 2(1), 2807–1107.
Sariyah Astuti, & Dian Puspita. (2022). Implementasi Bahan Ajar Keterampilan Membaca Kritis Bermuatan Pesan Moral Dalam Cerpen Helvy Tiana Rosa. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 40–46. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i1.19
Sholeh, M., Fitriani, D., Isratulhasanah, P., Marwiyah, S., Rizkia, N. P., Fitria, D., & Sembiring, A. (2024). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi, Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 75–80.
Sinulingga, J. (2019). Linguistik Dan Membaca. Jurnal Bahasa, 13–28.
Sofiah, H., & Hikmawati, N. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di SD). ABUYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 49–60. https://jurnal.inkadha.ac.id/index.php/abuya
Suparlan, S. (2021). Ketrampilan Membaca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Fondatia, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.1088
Syatauw, G. R., Solehun, S., & Rumaf, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Permainan Kartu Huruf Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. In Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar.
Wiratsiwi, W. (2020). PENERAPAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR. REFLEKSI EDUKATIKA : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 230–238.
Yembise, Y., Nemo, M. L., & Marian, K. (2023). Nurturing Literacy Development for Early Education in Papua. 1(1), 50–62.
Yunia Mamisya, & Sari. (2020). Permasalahan keterampilan membaca siswa kelas iv sekolah dasar. 1–60
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Arda Nengsi, Muh Nur Ali Ramadhan, Rahma Ashari Hamzah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.