IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEGIATAN PRAMUKA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Kharisma Anjelita Universitas Negeri Malang
  • Yuris Indria Persada Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.52185/abuyaVol2iss2Y2024567

Keywords:

Pramuka, Pendidikan Karakter, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan Pramuka di sekolah dasar. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan Systematic Literature Review (SLR), penelitian ini dilakukan di SDN Lesanpuro 4 Malang dan SDN Kedungkandang 2 Malang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SDN Lesanpuro 4 Malang, pendidikan karakter ditanamkan melalui nilai religius, kesopanan, dan ketertiban, yang dicapai melalui pembiasaan, seperti membaca rukun Islam dan berjabat tangan setelah kegiatan. Di SDN Kedungkandang 2 Malang, pendidikan karakter seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kerja sama ditanamkan melalui permainan, latihan PBB, dan jelajah alam. Kajian literatur pada 6 artikel relevan memperkuat temuan penelitian, menunjukkan variasi implementasi pendidikan karakter di berbagai sekolah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Pramuka berfungsi sebagai media yang efektif untuk menanamkan nilai-nilai karakter jika didukung oleh kegiatan yang menarik dan terstruktur. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah mengkaji perbedaan implementasi di daerah perkotaan dan pedesaan serta dampak jangka panjang pendidikan karakter melalui Pramuka terhadap perilaku siswa di luar lingkungan sekolah.

References

Achmad, F. R., Hoiati, Fajar, W., Mertika. (2022). Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(2), 46-52.

Anjelita, K., & Utama, C. (2024). Darurat Bullying: Perilaku Dan Solusi Untuk Menangani Tindak Bullying Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 31–41.

Armini, N. N. S. (2024). Pelaksanaan pendidikan karakter di lingkungan sekolah sebagai upaya membentuk pondasi moral generasi penerus bangsa. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(1), 113–125.

Astuti, W., et al. (2020). Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pramuka. Jurnal Pendidikan Karakter.

Aswat, H., Kasih, M., Ode, L., Ayda, B., & Buton, U. M. (2022). Eksistensi Peranan Penguatan Pendidikan Karakter terhadap Bentuk Perilaku Bullying di Lingkungan Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 6(5), 9105–9117.

Aziz, R. A., & Ulya, V. F. (2022). Internalisasi Nilai Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Madrasah. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 12(2), 171–187. https://doi.org/10.33367/ji.v12i2.2705

Kristi, C., & Suprayitno. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di UPT SD Negeri 18 Gresik. JPGSD:Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 8(3), 569–580.

Kurniawan, B., Aryaningrum, K., & Selegi, S. F. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Membentuk Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Teluk Kijing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 130–138. https://doi.org/10.37216/badaa.v5i1.877

Kurniawan, D., et al. (2021). Pengaruh Kegiatan Pramuka terhadap Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

Lestari, A., & Mustika, D. (2021). Analisis Program Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1577–1583. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/912

Meldayani, D., & Ain, S. Q. (2024). Pembinaan Nilai Pendidikan Karakter Siswa melalui Kegiatan Pramuka di Sekolah Dasar. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(1), 62–69. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i1.586

Ningsih, T. S. (2024). Implementasi Visi dan Misi Sekolah dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. 1(1), 85–95.

Purwasih, Y. (2023). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Degradasi Moral Pada Siswa Sekolah Dasar Di Era Digital. Correspondencias & Análisis, 1(15018), 1–23.

Rahman, A., et al. (2019). Adaptasi Pendidikan Karakter di Era Digital. Jurnal Pendidikan Indonesia.

Siti Rabbaniyah, S. R., Bedjo Sujanto, & Supadi. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di MAN 4 Jakarta. Improvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 6(1), 21–30. https://doi.org/10.21009/improvement.v6i1.15875

Subandi, E., Asbari, M., & Anggraeni, V. (2024). Educational Scout: Pramuka Sebagai Wadah Pendidikan Karakter Bangsa. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 03(05), 30–32.

Supriatna, E. (2010). Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka Persari Siaga di Sekolah Dasar. EduBase : Journal of Basic Education, 4(1), 1–9.

Utomo, P. (2021). Riset Ungkap Bagaimana Medsos Perburuk Kesehatan Mental di Indonesia. National Geographic Indonesia. https://nationalgeographic.grid.id/read/132539664/riset-ungkap-bagaimana-medsos-perburuk-kesehatan-mental-di-indonesia

Watukelir, P. S. D. N., Ayah, K., Kebumen, K., Winanti, E. K., & Nugroho, A. (2024). Implementasi Ekstrakurikuler Pramuka dalam Membangun Karakter dan. 07(01), 389–398.

Zikrayati. (2022). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Kecakapan Hidup Sosial Peserta Didik Di MTsN 4 Banda Aceh.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Anjelita, K., & Persada , Y. I. (2024). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEGIATAN PRAMUKA DI SEKOLAH DASAR . Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 48–63. https://doi.org/10.52185/abuyaVol2iss2Y2024567