Implementasi Etika Bisnis Islam Pada Usaha Toko Busana di Sanaya Outlet Desa Lapa Laok Kecamatan Dungkek

Authors

  • Siti Khatiroh Institut Kariman Wirayudha

DOI:

https://doi.org/10.52185/taswiq.v1i1.653

Keywords:

Implementasi, etika bisnis islam, Usaha Toko Busana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) bagaimana gerai Sanaya Desa Lapa Laok Kecamatan Dungkek menerapkan etika bisnis dalam operasional usahanya, 2) bagaimana gerai Sanaya Desa Lapa Laok Kecamatan Dungkek menerapkan etika bisnis ditinjau dari sudut pandang etika Islam. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Hasil analisis menyimpulkan bahwa penerapan etika bisnis meliputi indikator-indikator seperti kejujuran, menepati janji, dapat dipercaya, dan kedermawanan. Gerai Sanaya juga menerapkan etika bisnis berlandaskan perspektif Islam, yang melibatkan aspek-aspek seperti kejujuran, ketertiban administrasi, dan membangun hubungan baik antar rekan kerja.Meskipun demikian, masih saja ada kekurangan, seperti beberapa karyawan terkadang menunjukkan kurangnya keramahan dan kesopanan terhadap pelanggan.

References

Barus, Elida Elfi dan Nuriani. “Implementasi Etika Bisnis Islam (Studi Pada Rumah Makan Wong Solo Medan).” Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam 2, no. 2 (2016): 125–46.

Cheema dan Rondinelli. Implementasi dalam Birokrasi Pembangunan. Jakarta: Balai Pustaka, 2004.

Haryati, Siska, Aji Sudarosono, dan Suryana Suryana. “Implementasi Data Mining untuk Memprediksi Masa Studi Mahasiswa Menggunakan Algoritma C4.5 (Studi Kasus: Universitas Dehasan Bengkulu).” Jurnal Media Infotama 11, no. 2 (2015): 130–38.

Irawan, Muhammad Dedi, dan Selli Aprilla Simargolang. “Implementasi E-Arsip pada Program Studi Teknik Informatika.” Jurnal Teknologi Informasi 2, no. 1 (2018).

Pramono, Joko. Kajian Kebijakan Publik Analisis Implementasi dan Evaluasi di Indonesia. Surakarta: UNISRI Press, 2022.

Purwanti, Neli, dan Ajeng Pujawati. “Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi E-commerce (studi pada penjual pengguna Media Sosial Instagram).” Al-Mujaddid | Jurnal Ilmu-Ilmu Agama 3, no. 1 (2021): 62–77.

Rukmana, Erruka Hadi. Pengantar Kewirausahaan Konsep, Teori, dan Proses. Yogyakarta: DIVA Press, 2020.

Surajiyo. “Teori-teori Etika dan Prinsip Etika Bisnis.” Senada 6 (2023): 259–65.

Syahrizal, Ahmad. “Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam.” Jurnal Aktualita 9, no. 1 (2018).

Waimer dan Vinning. Teori dan Proses Kebijakan Publik. Yogjakarta: Media Perssindo, 2022.

Yusanto, Muhammad Ismail, dan Muhammad Karebet Widjajakusuma. Menggagas Bisnis Islam. Jakarta: Gema Insani, 2002.

Downloads

Published

2025-01-20

How to Cite

Khatiroh, S. (2025) “Implementasi Etika Bisnis Islam Pada Usaha Toko Busana di Sanaya Outlet Desa Lapa Laok Kecamatan Dungkek”, Taswiq: Jurnal Manajemen dan Bisnis Syariah. Sumenep, 1(1), pp. 23–33. doi: 10.52185/taswiq.v1i1.653.