Analisis Implementasi Sales Promotion pada Produk Tabungan SAJADAH Upaya Meningkatkan Daya Minat Nasabah di BMT NU Jawa Timur Cabang Gapura

Authors

  • Mega Agustini Institut kariman Wirayudha

DOI:

https://doi.org/10.52185/taswiq.v1i1.542

Keywords:

Implementasi, Sales Promotion, Produk Tabungan SAJADAH

Abstract

Pendirian BMT ini bertujuan untuk menciptakan lembaga keuangan mikro sesuai prinsip syariah yang bergerak di bidang usaha simpan pinjam. Penelitian ini mendeskripsikan: 1) Bagaimana implementasi sales promotion pada produk tabungan SAJADAH di BMT NU cabang Gapura. 2) Bagaimana efektivitas sales promotion pada produk tabungan SAJADAH di BMT NU cabang Gapura. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi sales promotion dilakukan dengan memberikan hadiah langsung saat pembukaan rekening. Tabungan SAJADAH memiliki batas minimal Rp 5.000.000 dengan jangka waktu 9 bulan, 1 tahun, 2 tahun, dan 3 tahun. Nasabah dapat memilih hadiah berupa uang atau barang, tabungan minimal RP 5000.000 dengan jangka waktu 1 tahun, nasabah berhak mendapatkan hadiah uang sebesar Rp 240.000 atau barang dengan nilai yang sama, seperti kipas angin. 2) Efektivitas sales promotion pada tabungan SAJADAH ini terbukti mampu meningkatkan daya minat nasabah melalui program hadiah langsung tanpa diundi yang diberikan di awal membuka rekening. Keberhasilan ini dibuktikan oleh peningkatan jumlah nasabah yang signifikan

References

Ajija, Shochrul Rohmatul, Ahmad Hudaifah, Wasiaturrahma, Lusi Sulistyaningsih, Khaulah Qurata A’yun, Happy Karunia Mukti, Sri Cahyaning Umi Salama, Siti Nur Indah Rofiqoh, dan Ummu Atika Azzizah. Koperasi BMT: Teori Aplikasi dan Inovasi. Karanganyar: CV. Inti Media Komunika, 2020.

Angipora, Marius P. Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1999.

Aziz, Amin. Tata Cara Pendirian BMT. Jakarta: PKES Publishing, 2008.

BMT NU Jatim. “BMT Nuasa Umat,” 22 Februari 2024.

Firmansyah, M. Anang. Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: Qiara Media, 2020.

Fitriyah, Mariyatul. Sales Promotion, 5 Februari 2024.

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 2009.

Kurniawan, Ahmad. Ketentuan Menabung, 5 Juli 2024.

Masyudi. “Buku Materi RAT. PARIPURNA XX KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Gapura.” Gapura: BMT NU, 2024.

Radiosusnu. Manajemen Pemasaran, Suatu Pendekatan Analisis. Yogyakarta: BPFE, 1986.

Ridwan, Muhammad. Sistem dan Prosedur Pendirian Baitul Maal wat-Tamwil (BMT). Yogyakarta: Citra Media, 2006.

Schultz, Don E. Sales Promotion Essentials: The 10 Basic Sales Promotion Techniques and How to Use Them. USA: NTC Business Books, 1992.

Sudarsono, Heri. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Yogyakarta: Ekonesia, 2003.

Downloads

Published

2025-01-20

How to Cite

Agustini, M. (2025) “Analisis Implementasi Sales Promotion pada Produk Tabungan SAJADAH Upaya Meningkatkan Daya Minat Nasabah di BMT NU Jawa Timur Cabang Gapura”, Taswiq: Jurnal Manajemen dan Bisnis Syariah. Sumenep, 1(1), pp. 34–43. doi: 10.52185/taswiq.v1i1.542.