REVOLUSI MENGAJI: MENGUASAI AL-QUR’AN DENGAN MUDAH LEWAT PENDEKATAN LAGU ROST TILAWATI
DOI:
https://doi.org/10.52185/abuyaVol3iss1Y2025747Keywords:
Anak Usia Dini, Lagu Rost, Metode Tilawati, Membaca Al-Qur’an, Revolusi MengajiAbstract
Mengkaji tentang inovasi pembelajaran merupakan sebuah keniscayaan. Hal itu dikarenakan isu perkembangan zaman menjadi faktor yang dapat menuntut beberapa perubahan tertentu tanpa terkecuali bidang ilmu al-Qur’an. pembelajaran al-Qur’an juga membetuhkan inovasi pembelajaran agar dapat menarik perhatian anak didik, sehingga mereka mampu mempelajari al-Qur’an dengan aktif, kreatif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Tilawati dalam mengembangkan Keterampilan membaca Al-Qur’an pada anak, serta untuk mengetahui tingkat efektivitas metode tilawati dalam mengembangkan keterampilan membaca Al-Qur’an pada anak. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penerapan metode Tilawati dilakukan melalui langkah klasikal (guru membaca – siswa menirukan – membaca bersama), baca simak individual, serta penggunaan lagu rost yang membantu anak dalam menghafal dan melafalkan ayat dengan benar. Evaluasi dilakukan secara berkala melalui tes kenaikan halaman dan jilid. Dari 11 siswa yang menjadi subjek penelitian, sebanyak 80% berhasil menyelesaikan jilid 1 hingga jilid 6 dalam satu tahun ajaran. Hasil ini menunjukkan bahwa metode Tilawati tidak hanya efektif meningkatkan keterampilan teknis membaca Al-Qur’an (makhraj, tajwid, tartil), tetapi juga membentuk sikap disiplin, kepercayaan diri, dan cinta terhadap Al-Qur’an. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan metode Tilawati secara berkelanjutan dan adaptasi teknologi untuk pengembangan media pembelajaran digital berbasis Tilawati.
References
Abnisa, A. P., & Nurlela, N. (2024). Penerapan Metode Iqra Di Tpq Al-Anshary Tangerang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. http://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/11023
Agus, Z. (2018). Konsep Pendidikan Islam terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Raudhah Proud To Be Professionals, 3(1), 39–56.
Banghart, F. W., & Trull, A. (1972). Educational Planning. Macmillan. https://books.google.co.id/books?id=lBEW7P35PM8C
Hakim, M. A. (2024). Pembinaan Guru Metode Tilawati dalam Meningkatkan Penguasan Pembelajaran Al-Qur’an (Studi Pada Tilawati Cabang Ponorogo) [etheses.iainponorogo.ac.id]. https://etheses.iainponorogo.ac.id/30515/
Izzan, A., & Albarokah, S. (2024). Kemampuan Membaca Al-Qur’an Perspektif Metode Tilawati Studi Ilmu Pendidikan Islam. MASAGI (Jurnal Pendidikan Agama Islam), 2(2), 19–28. https://doi.org/https://doi.org/10.37968/masagi.v2i2.547
Kamila, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Moral dalam Membina Karakter Anak Sekolah Dasar. Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya. https://publisherqu.com/index.php/Al-Furqan/article/view/535
Khoiruddin, H., & Kustiani, A. W. (2020). Manajemen Pembelajaran Tahsin Al-Quran Berbasis Metode Tilawati. Jurnal Islamic Educational Managament, 5(1), 55–68. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.5546
Maryam, & Anwar, S. (2023). RELASI AL-QUR’AN, AKAL, DAN FILSAFAT: IMPLIKASI BAGI PENDIDIKAN ISLAM DI ERA GLOBAL. ABUYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 2024. https://doi.org/https://doi.org/10.52185/abuyaVol2iss2Y2024433
Maulana, A., Anam, A. M. K., & Surawan. (2025). Pengenalan Bacaan Huruf Hijaiyyah Menggunakan Metode Tilawati Di TPA Al-Husna Palangka Raya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 3(2), 355–361. https://doi.org/https://doi.org/10.59837/jpmba.v3i2.2200
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (Third). Sage Publications.
Nurhasanah, N. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Tilawati Terhadap Membaca Al-Qur’an Pada Santri Rumah Belajar Bola Masagena Desa Tanreassona Kabupaten Pinrang. repository.iainpare.ac.id. https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/6775/
Raihanati, M. I. (2024). Pengaruh penerapan metode Tilawati terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. digilib.uinsgd.ac.id. https://digilib.uinsgd.ac.id/87498/
Rifa, R., & Yasin, M. (2020). Intelligent Tutoring System for Identification of the Level of Understanding the Law of Nun Sukun or Tanwin Santri Madin Al Fadholi Malang. PROCEEDINGS The 4th International Conference on Mathematics and Science Education (ICoMSE) 2020, 217–223. https://www.researchgate.net/profile/Mohamad-Yasin-2/publication/353847630_INTELLIGENT_TUTORING_SYSTEM_FOR_IDENTIFICATION_OF_THE_LEVEL_OF_UNDERSTANDING_THE_LAW_OF_NUN_SUKUN_OR_TANWIN_SANTRI_MADIN_AL-FADHOLI_MALANG/links/611532250c2bfa282a3eb10d/INTELLIGEN
Rohmah, S. F., Pesha, I. N. Y., & Triwoelandari, R. (2023). Implementasi metode Tilawati dengan nada Rost terhadap kualitas tahfizh juz Amma. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 333–348. https://doi.org/https://doi.org/10.32832/tawazun.v16i2.9820
Sugiyono. (2022). Metode Penelitan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (Edisi 2). CV. Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Cet. 12). Remaja Rosdakarya.
Sutianah, A. (2020). Manajemen Pembelajaran BTQ Melalui Metode Iqra Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran. Madrascience: Jurnal Pendidikan Islam, Sains, Sosial, Dan Budaya, 2(1), 53–63. http://www.madrascience.com/index.php/ms/article/view/76
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ali Rahmat, S. Nur Karimah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.