TANTANGAN PENDIDIKAN HUMANISTIK PADA PROGRAM MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.52185/abuyaVol3iss1Y2025635Keywords:
Independent Learning, Education, Humanistic, Elementary SchoolAbstract
Penerapan Merdeka Belajar di sekolah dasar sering kali dihadapkan pada masalah kurangnya pemahaman tentang bagaimana mengintegrasikan fleksibilitas pembelajaran dengan pendekatan pendidikan yang lebih humanistik, yang menekankan pengembangan potensi siswa secara holistik. Penelitian ini mengeksplorasi konsep Merdeka Belajar dalam perspektif pendidikan humanistik di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana fleksibilitas yang ditawarkan oleh Merdeka Belajar dapat diintegrasikan dengan pendekatan pendidikan humanistik yang berfokus pada pengembangan potensi individu secara menyeluruh. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif berbasis studi pustaka, dengan analisis terhadap literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Merdeka Belajar memberikan fleksibilitas kepada guru dan siswa melalui penyesuaian kurikulum, kebebasan belajar, dan penilaian berbasis proses, yang sejalan dengan prinsip pendidikan humanistik dalam mendukung perkembangan kognitif, afektif, dan sosial siswa. Namun, tantangan yang dihadapi adalah keterbatasan kompetensi guru dan kurangnya infrastruktur yang memadai untuk menerapkan pendekatan humanistik secara efektif. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya pelatihan intensif bagi guru, revisi kebijakan yang menekankan pendekatan humanistik, serta kolaborasi antara pemangku kepentingan untuk meningkatkan implementasi Merdeka Belajar. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan sistem pendidikan yang lebih inklusif, humanis, dan relevan dengan kebutuhan siswa di sekolah dasar.
References
Abdurahman, A., Nelly, N., Suharto, S., Retnoningsih, R., Andrini, V. S., Arsiwie, S. R., … Yunus, M. (2024). Buku Ajar Teori Pembelajaran. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Ali Ibrahim, M. T., Safitri, I., Agustina, N. M., Elyana, L., Saksono, H., Si, M., … Abroto, S. P. (2024). Metodologi Penelitian Pendidikan. Batam: Cendikia Mulia Mandiri.
Alwi, M. C., & Achadi, M. W. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar PAI di Sekolah Dasar Negeri. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(001 Des), 825–832. https://doi.org/10.58230/27454312.1383
Anggraena, Y., Felicia, N., Eprijum, D., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2022). Kajian akademik kurikulum untuk pemulihan pembelajaran. Diambil dari https://repositori.kemdikbud.go.id/24972/
Arif, H. M., Suhirman, L., Karuru, P., Mawene, A., Supriyadi, A., Junaidin, M. P., … Prastawa, S. (2024). Konsep Dasar Teori Pembelajaran. Batam: Cendikia Mulia Mandiri.
Ariliani, T., Makaria, E. C., & Putro, H. Y. S. (2024). Peran Wali Kelas sebagai Guru Pembimbing dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Gambaran di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(4), 5495–5506.
Baharuddin, & Wahyuni, E. N. (2017). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Brutu, D., Annur, S., & Ibrahim, I. (2023). Integrasi Nilai Filsafat Pendidikan Dalam Kurikulum Merdeka Pada Lembaga Pendidikan Islam. Jambura Journal of Educational Management, 442–453.
Bungai, J., Perdana, I., & Kriswantara, G. (2024). Pelatihan Technological Pedagogic Content Knowledge (Tpack) Pada Komunitas Belajar Guru Di Kota Palangka Raya. Pengabdian Kampus : Jurnal Informasi Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat, 11(2), 163–169. https://doi.org/10.52850/jpmupr.v11i2.16540
Diva, S. A., & Purwaningrum, J. P. (2023). Strategi Mathematical Habits of Mind Berbantuan Wolfram Alpha untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Bangun Datar. Plusminus: jurnal pendidikan matematika, 3(1), 15–28.
Doyle, T. (2023). Learner-Centered Teaching: Putting the Research on Learning into Practice. New York: Taylor & Francis.
Dwiputri, F. A., & Anggraeni, D. (2021). Penerapan Nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar yang Cerdas Kreatif dan Berakhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1267–1273.
El Zaatari, W., & Maalouf, I. (2022). How the Bronfenbrenner Bio-ecological System Theory Explains the Development of Students’ Sense of Belonging to School? Sage Open, 12(4), 21582440221134089. https://doi.org/10.1177/21582440221134089
Febrianningsih, R., & Ramadan, Z. H. (2023). Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3335–3344. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4686
Gunawan, I., & Bahari, Y. (2024). Problematika Kurikulum Merdeka Dalam Sudut Pandang Teori Struktural Fungsional (Study Literatur). Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 178–187. https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1191
Habsy, B. A., Rohida, A. I., Sudarsono, M., Sholikhah, M., Firdaus, M., & Anzhani, V. A. (2024). Tantangan Pendidikan Abad Ke-21: Pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 5065–5077.
Hanipah, S. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Memfasilitasi Pembelajaran Abad Ke-21 Pada Siswa Menengah Atas. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(2), 264–275. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i2.1860
Haq, A.-M. Q., & Fitriani, M. I. (2024). Lingkungan Belajar Terintegrasi Melalui Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1775–1784. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i3.2394
Harefa, E., Afendi, H. A. R., Karuru, P., Sulaeman, S., Wote, A. Y. V., Patalatu, J. S., … Sulaiman, S. (2024). Buku Ajar Teori Belajar dan Pembelajaran. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Hidayat, W., & Santosa, S. (2024). Memahami Konsep Belajar Anak Usia Dasar: Studi Analisis Teori Belajar Carl Rogers Serta Penerapannya di Sekolah Dasar. Journal of Primary Education Research, 2(1), 92–101.
Holis, A. (2016). Belajar Melalui Bermain untuk Pengembangan Kreativitas dan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan UNIGA, 10(1), 23–37. https://doi.org/10.52434/jp.v10i1.84
Huda, M. (2016). Pembelajaran Berbasis Multimedia dan Pembelajaran Konvensional (Studi Komparasi di MTs Al-Muttaqin Plemahan Kediri). JURNAL PENELITIAN, 10(1), 125–146. https://doi.org/10.21043/jupe.v10i1.1333
Juliangkary, E., Suastra, I. W., & Atmaja, A. W. T. (2023). Kurikulum Merdeka: Filsafat Pendidikan dan Nilai-Nilai Ki Hajar Dewantara dalam Sorotan Kritis. Empiricism Journal, 4(2), 598–605. https://doi.org/10.36312/ej.v4i2.1665
Junaidi, S. (2023). Paradigma Pedagogik Humanistik Perspektif Imam Az-Zarnuji dalam Kitab Taʻlīm Al-Mutaʻallim dan Relevansinya dengan Merdeka Belajar. NAHNU: Journal of Nahdlatul Ulama and Contemporary Islamic Studies, 1(1), 59–76.
Kartika, R. O., Billah, A. N., & Muqowim, M. (2024). Pembelajaran PAI Dengan Pendekatan Humanistik Dalam Kurikulum Merdeka: Pendekatan Humanistik, Pembelajaran PAI Dengan Pendekatan Humanistik, Pembelajaran PAI Dalam Kurikulum Merdeka. al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1), 51–71. https://doi.org/10.33477/alt.v9i1.7309
Kharismawati, S. A. (2023). Implementasi Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal “Manurih Gatah” melalui Teori Belajar Humanistik bagi Siswa Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 782–789. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.706
Khumaini, F., Isroani, F., Ni’mah, R., Ningrum, I. K., & Thohari, H. (2022). Kebijakan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam: Kurikulum dan Pendekatan Humanistik di Era Digital. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8(2), 680–692.
Krikorian, M. (2023). Carl Rogers: A Person-Centered Approach. Dalam B. A. Geier (Ed.), The Palgrave Handbook of Educational Thinkers (hlm. 1–13). Cham: Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-81037-5_106-1
Kurniati, P., Kelmaskouw, A. L., Deing, A., Bonin, B., & Haryanto, B. A. (2022). Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 408–423. https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1516
Kurniawan, A. T., Anzelina, D., Maq, M. M., Wahyuni, L., Rukhmana, T., & Ikhlas, A. (2024). Pengembangan Pendidikan Anak SD dalam Kurikulum Merdeka. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 836–843. https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1349
Labuem, W. N.-M. Y.-S., Al Mansur, D. W. A.-M., Masgumelar, H. A.-N. K., Wijayanto, A., Or, S., Kom, S., … Or, S. (2021). Implementasi dan Problematika Merdeka Belajar. Tulungagung: Akademia Pustaka.
Maula, I., Irwandi, I., Sari, A. L., Sarimin, D. S., & Rondonuwu, R. H. (2023). Pendidikan Untuk Pemerataan Pembangunan: Memperjuangkan Hak Semua Anak. Journal on Education, 5(4), 13153–13165.
Mayring, P. (2021). Qualitative Content Analysis: A Step-by-Step Guide. New York: SAGE.
Muliawan, P. (2024). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pengajaran Bahasa Indonesia: Tinjauan Literatur Terhadap Isu Dan Tantangan Terkini. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(5), 7932–7942.
Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” perspektif aliran progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141–147.
Mustakim, M., Sutarto, S., & Fadila, F. (2024). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MIS Guppi 11 Talang Rimbo (PhD Thesis). Institut Agama Islam Negeri Curup, Bengkulu.
Nadhiroh, S., & Anshori, I. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 56–68. https://doi.org/10.53802/fitrah.v4i1.292
Nurphi, M., Asy’arie, B. F., Ma’ruf, R. A., & Mariyana, W. (2024). Menggali Dampak Penerapan Kurikulum Merdeka: Tinjauan antara Keunggulan, Manfaat dan Persepsi Negatif. Mauriduna: Journal of Islamic Studies, 5(2), 380–397.
Oktaviani, A. M., Marini, A., & Ms, Z. M. Z. (2023). Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Tehadap Hasil Belajar IPS Ditinjau Dari Perbandingan Kurikulum 2013. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 341–346. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4590
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839–8848. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3780
Rahmawati, H., Iskandar, S., Rosmana, P., Nabilah, A. P., Rahmawati, A., Herlina, P., & Agustiani, N. (2023). Peran Guru Penggerak Terhadap Penerapan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 4039–4050.
Rajaram, K. (2021). Concluding Thoughts: Twenty-First-Century Classroom and Humanistic Management Education. Dalam K. Rajaram, Evidence-Based Teaching for the 21st Century Classroom and Beyond (hlm. 249–265). Singapore: Springer Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-33-6804-0_8
Rojas, M., Méndez, A., & Watkins-Fassler, K. (2023). The hierarchy of needs empirical examination of Maslow’s theory and lessons for development. World Development, 165, 106185.
Romadhon, K., Rokhimawan, M. A., Irfan, I., Fajriyani, N. A., Wibowo, Y. R., & Ayuningtyas, D. R. (2023). Analisis Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus di SD Negeri 1 Ulak Kedondong). Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(3), 1049–1063.
Sa’diyah, K., & Sunarto, S. (2024). Implementasi Karakter Disiplin Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Husnul Khotimah. Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 21–30. https://doi.org/10.52185/abuyaVol2iss1Y2024407
Sari, H. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar menurut Aliran filsafat Progresivisme. El-Ibtidaiy:Journal of Primary Education, 6(2), 131–141. https://doi.org/10.24014/ejpe.v6i2.25328
Sultani, S., Alfitri, A., & Noorhaidi, N. (2023). Teori Belajar Humanistik Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(1), 177–193.
Syafrizal, T. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Teori Belajar Humanistik Di MTsN 3 Dan MTsN 19 Jakarta (Master’s Thesis). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta.
Tanggur, F. S. (2023). Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar Di Wilayah Pedesaan Pulau Sumba. HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 2(2), 23–29. https://doi.org/10.37792/hinef.v2i2.993
Umam, C., & Ferianto, F. (2023). Model Pendekatan Humanistik Dalam Pengelolaan Kelas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SDN Palumbonsari 1. Ansiru PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(2), 336–344.
Wahyuni, S. (2022). Kurikulum merdeka untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13404–13408.
Warsihna, J., Ramdani, Z., Amri, A., Kembara, M. D., Steviano, I., Anas, Z., & Anggraena, Y. (2023). Tantangan dan strategi implementasi kurikulum merdeka pada jenjang SD: Sebuah temuan multi-perspektif. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(1), 296–311.
Widodo, H. (2018). Pengembangan Respect Education Melalui Pendidikan Humanis Religius di Sekolah. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 21(1), 110–122. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i10
Winda, N. L. I. W., & Suastra, I. W. (2024). Integrasi Aliran-Aliran Filsafat Pendidikan dan Warisan Filosofi Ki Hajar Dewantara dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(3), 675–688. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i3.2561
Wiyatun, S. (2023). Peran Guru dalam Implementasi Program Pembiasaan Kemandirian di Sekolah Dasar untuk Mendorong Pembentukan Karakter. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(4), 118–123. https://doi.org/10.56393/decive.v3i4.2016
Yanti, D., Prastawa, S., Utomo, W. F., Wiliyanti, V., & Utomo, B. (2024). Pendidikan di Revolusi Industri 4.0: Studi Kasus Evaluasi Kurikulum Merdeka di Indonesia: Education in the Industrial Revolution 4.0: A Case Study of Independent Curriculum Evaluation in Indonesia. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(02), 380–390. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i02.4471
Yanti, R., Taqiyuddin, M., & Putrajaya, G. (2023). Persepsi Guru SD IT Rabbi Radhiyya 01 Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar (PhD Thesis). Institut Agama Islam Negeri Curup, Bengkulu.
Zamzama, M. E., Walid, M., & Susilawati, S. (2025). Optimalisasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam pada Kelas Inklusi di Sekolah Dasar Yamastho Surabaya. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 140–147.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yusuf Rendi Wibowo, Fatonah Salfadilah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.