ANALISIS NILAI KEPEMIMPINAN KHULAFAUR RASYIDIN SEBAGAI LANDASAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD/MI

Authors

  • Kusik Kusuma Bangsa Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum Sumenep
  • Abdul Hadi Institut Kariman Wirayudha Sumenep

DOI:

https://doi.org/10.52185/abuyaVol2iss2Y2024579

Keywords:

Pendidikan Karakter, Khulafaur Rasyidin, Nilai Kepemimpinan, Literasi Digital Berbasis Islam, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai kepemimpinan Khulafaur Rasyidin sebagai landasan pendidikan karakter di SD/MI dalam menghadapi tantangan era digital. Metode penelitian yang digunakan adalah literatur review, dengan mengumpulkan, menganalisis, dan mensintesis literatur akademik yang relevan, seperti artikel jurnal, buku teks, laporan kebijakan pendidikan, dan karya ilmiah lainnya yang dipublikasikan antara tahun 2016–2023. Pendekatan deskriptif dan analitis digunakan untuk mengidentifikasi nilai-nilai kepemimpinan Khulafaur Rasyidin, seperti kejujuran, keadilan, kedermawanan, keberanian, kesabaran, dan tanggung jawab, serta metode implementasinya dalam pembelajaran, meliputi cerita, permainan edukatif, pembiasaan, diskusi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai ini relevan dan efektif dalam membangun karakter siswa yang bermoral dan kompeten di era digital. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan modul pembelajaran berbasis digital, pelatihan pendidik, dan penguatan literasi digital berbasis nilai Islam sebagai langkah strategis untuk mendukung pendidikan karakter yang berkelanjutan.

References

Agus, Z. (2018). Konsep Pendidikan Islam terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Raudhah Proud To Be Professionals, 3(1), 39–56.

Ananta, I., Maratusoliha, N., & Istina, Y. (2023). KURIKULUM SEKOLAH DASAR (SD), SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT), DAN MADRASAH IBTIDAIYAH (MI). NETIZEN: JOURNAL OF SOCIETY AND BUSSINESS, 1(1), 41–51. https://btqur.com/index.php/netizen/article/view/42/48

Auliyah, D. D., Rosaliana, R., & ... (2024). Keteladanan Akhlak Khulafaur Rasyidin Dalam Pengembangan Karakter Muslim. AL-AMIYAH: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(1), 23–38. https://miftahul-ulum.or.id/ojs/index.php/alamiyah/article/view/69

Ayyubi, I. I. Al, Fauziah, Z., Arifah, H., & ... (2024). KEPEMIMPINAN KHULAFAUR RASYIDIN DALAM PERADABAN ISLAM. Jazirah: Jurnal …. https://www.e-jazirah.com.itb-ru.ac.id/index.php/jazirah/article/view/141

Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planing, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Pearson Education Inc.

Danuri, P. P. (2020). PEMBELAJARAN ISPIRATIF MELALUI DISCOVERY LEARNINGDI MASA PANDEMI COVID-19. repository.upy.ac.id. http://repository.upy.ac.id/2755/

El-Basyiry, A. M. (2022). Meneladani Kepemimpinan Khalifah: Khulafaur Rasyidin dan Khalifah Pilihan. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=ekV9EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=%22nilai+nilai%22+kepemimpinan+khulafaur+rasyidin&ots=hpmaGEBypj&sig=hteFYaqtM-SqTAmVleT-QRalObo

Felta, F. (2021). Character Education In Islam: A Philosophy Perspective. osf.io. https://osf.io/preprints/edarxiv/m76vb/

Gunadi, R. P., Zulaikha, Z., Nugraha, F. R., & Aeni, A. N. (2023). Pengembangan Komik Ecopet (E-Comic Calon Pemimpin Teladan) sebagai Media dalam Mengenalkan Politik Islam pada Siswa Kelas VI SD. Fondatia. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia/article/view/3453

Hidayati, N. N. (2019). Telling About Islamic Heroes and Female Leaders: Ways of Implanting Self-Concept, Moral, and Religious Value on Children. … Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. http://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/auladuna/article/view/227

Hikmawati, N., Syaiful, A., & Dewi, H. U. (2024). Edukasi Pendidikan Anak Di Era Digital Kepada Masyarakat Desa Juruan Daya Kabupaten Sumenep. Open Community Service Journal, 3(1), 40–50. https://doi.org/10.33292/ocsj.v3i1.65

Insani, A. A., & Iskarim, M. (2024). Kontekstualisasi Konsep Pendidikan Pada Masa Khulafaur Rasyidin Dengan Pendidikan Modern. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu. https://gudangjurnal.com/index.php/gjmi/article/view/201

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2003). Models of Teaching (Fifth Edit). Prentice Hall.

Kamalasari, D., Kustati, M., Amelia, R., & ... (2024). The Role of Educators in the Formation of Students’ Leadership Character in the Leadership Material of Khulafaur Rasyidin. Journal of Innovation Multidisipliner Research, 2(4), 137–148. https://multidisipliner.org/index.php/ijim/article/view/219

Laili, R., Adona, P., & Rahma, R. H. (2024). KETELADANAN KHULAFAURRASYIDIN DALAM PROSES PEMBENTUKAN KARAKTER MUSLIM: STUDI ANALISIS PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK …. Jurnal Ilmiah Al …. https://ejournal.staidapayakumbuh.ac.id/index.php/alfurqan/article/view/114

Lestari, S., & Putro, K. Z. (2021). INTEGRASI ILMU KEISLAMAN MI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER GENERASI EMAS. Jurnal Pendidikan Islam. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jpi/article/view/7008

Norvaizi, I., Latifah, S. I., & Ariyani, D. (2024). Sejarah Kepemimpinan Ali bin Abi Thalib: Analisis Peranannya dalam Perkembangan Peradaban Islam. … Dan Tarikh: Jurnal …. https://ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/twt/article/view/5677

Nugroho, N. A. K., & Hamdani, M. K. (2021). INTERNALISASI NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN PROFETIK PADA MASA KHULAFAUR RASYIDIN. Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 5(2), 139–149. https://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/tajdid/article/download/666/485

Prasetya, T. A., Yanti, R. D., Nurrahman, Z., & ... (2022). Pemanfaatan Video Animasi WOL (way of life) sebagai Media Pembelajaran SKI siswa di Kelas 4 SD/MI. Jurnal Pendidikan …. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/5073

Rahmatullah, A. S., Azhar, M., & Fatwa, A. F. (2021). Santri’s Humility in the Salafiyyah Islamic Boarding School. Dinamika Ilmu. http://journal.uinsi.ac.id/index.php/dinamika_ilmu/article/view/3590

Rahmawati, E., Kuds, S. B., & Rudiana, R. (2024). Menelusuri Kearifan dan Strategi Kepemimpinan Khulafaur Rasyidin dalam Perspektif Sejarah Islam. Jurnal Pendidikan Islam. https://edu.pubmedia.id/index.php/pjpi/article/view/222

Sholikhah, M. (2021). The Building Students’ Character Through Religion Learning in Islamic School. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI. http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/588

Suryani, I., & Dewi, E. (2024). Menguatkan Arah Pendidikan Islam Era Globalisasi: Menginternalisasi Nilai Pendidikan Islam Masa Khulafaur Rasyidin. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 9(1). https://doi.org/10.25299/al-thariqah.

Umah, E. C., Kuswari, R. I., & Anggraini, A. E. (2022). FORMATION OF RELIGIOUS CHARACTER THROUGH HABITUATION DHUHA PRAYER ON LIMITED FACE-TO-FACE LEARNING IN PRIMARY SCHOOL. The 2nd International Conference on Government Education Management and Tourism (ICoGEMT)+TECH, 1–9.

Wahid, A. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Kepemimpinan Islam Melalui Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Materi Khulafaur Rasyidin. etheses.iainponorogo.ac.id. https://etheses.iainponorogo.ac.id/22129/1/201180247_ABDURROHMAN WAHID_PAI.pdf

Ya’qub, H. (1988). Etika Islam: Pembinaan Akhlaqulkarimah (Suatu Pengantar) (Cetakan IV). CV Diponegoro.

Yakub, M. (2021). Dakwah Humanis dalam Lintasan Sejarah Islam. Wardah. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/warda/article/view/9004

Zainuddin, M., Mardianto, M., & ... (2023). Development of Game-Based Learning Media on Islamic Religious Education Materials. … : Jurnal Pendidikan Islam. https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/NAZHRUNA/article/view/2824

Abu Thalhah el Mutarabbi, Abu Bakar Ash-Shiddiq Khalifah Rosulullah Shallallahu Alaihi Wassalam Yang Pertama dalam http://abuthalhah.wordpress.com/2009/05/18/abu-bakar-ash-shiddiq-khalifah-rasulullah-shallallahu-%E2%80%98alaihi-wasallam-yang-pertama/ diakses tanggal 29 Oktober 2024

Ar-Rayis Dhia’uddin Muhammad. (2002). Islam dan Khilafah di Zaman Modern. Jakarta: Lentera

Azyumardi Azra. (2013). Islam Nusantara: Jaringan Global dan Lokal. Bandung: Mizan.

Green, B. N., Johnson, C. D., & Adams, A. (2006). Writing Narrative Literature Reviews for Peer-Reviewed Journals: Secrets of the Trade. Journal of Chiropractic Medicine, 5(3), 101-117.

Greenfield, P. M. (2014). Mind and Media: The Effects of Television, Video Games, and Computers. Cambridge: Harvard University Press.

Gunawan, H. (2017). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Livingstone, S., & Helsper, E. (2007). Gradations in Digital Inclusion: Children, Young People, and the Digital Divide. New Media & Society, 9(4), 671-696.

Mariam, Siti dkk. (2003). Sejarah Peradaban Islam. Yogyakarta: Lesfi

Mufrodhi, Ali. (1997). Islam di Kawasan Kebudayan Arab. Jakarta: Logos

RIU is ME, Al-Khulafa Al-Rasyidun Ide dan Realitas Khilafah dalam http:// Al-Khulafa Al-Rasyidun Ide dan Realitas Khilafah « R I U is M E.htm diaskses tanggal 05 November 2024

Shaban. (1993). Sejarah Islam. Jakarta: Rajawali

Snyder, H. (2019). Literature Review as a Research Methodology: An Overview and Guidelines. Journal of Business Research, 104, 333-339.

Sou’yb, Joesoef. (1977). Pengantar Sejarah Daulat Umayyah I di Damaskus. Jakarta: Bulan Bintang

Sunanto, Musyrifah. (2003). Sejarah Islam Klasik. Jakarta: Prenada Media

Tapscott, D. (2009). Grown Up Digital: How the Net Generation is Changing Your World. New York: McGraw-Hill.

Turkle, S. (2017). Reclaiming Conversation: The Power of Talk in a Digital Age. New York: Penguin Books.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Kusuma Bangsa, K., & Hadi, A. (2024). ANALISIS NILAI KEPEMIMPINAN KHULAFAUR RASYIDIN SEBAGAI LANDASAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD/MI. Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 64–79. https://doi.org/10.52185/abuyaVol2iss2Y2024579