PERAN PENTING PENDIDIK DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM (STUDI KASUS DI RA NASHRUS SUNNAH MADIUN)

Authors

  • Ariyanti Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Saiful Anwar STIT Muhammadiyah Bangil

DOI:

https://doi.org/10.52185/abuyaVol2iss2Y2024447

Keywords:

Peran Pendidik, Pandangan Filsafat, Pendidikan Islam.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pendidik dalam membentuk karakter dan akhlak peserta didik sesuai dengan prinsip-prinsip filsafat pendidikan Islam di RA Nashrus Sunnah Madiun. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari tiga orang pendidik: ketua yayasan, kepala sekolah, dan guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pendidik dalam membentuk karakter dan akhlak peserta didik telah sesuai dengan prinsip-prinsip filsafat pendidikan Islam, yang tercermin dari perubahan perilaku peserta didik yang semakin baik.  Pendidik di RA Nashrus Sunnah berperan sebagai teladan dalam mengajarkan kebiasaan-kebiasaan baik kepada siswa. selain mengajar, guru juga berperan sebagai fasilitator, motivator, inspirator, organisator, inisiator, pembimbing, demonstrator, pengelola kelas, mediator, supervisor, dan evaluator. Fokus pendidikan di RA Nashrus Sunnah adalah tidak hanya pada pengetahuan agama, tetapi juga pada kemampuan siswa untuk mengaplikasikan kebiasaan-kebiasaan baik dalam kehidupan sehari-hari. Dukungan sekolah untuk meningkatkan kualifikasi dan profesionalisme pendidik juga berdampak positif terhadap strategi pengajaran yang diterapkan. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya peran pendidik dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan sesuai dengan nilai-nilai Islam, serta perlunya peningkatan berkelanjutan dalam kualifikasi dan profesionalisme pendidik untuk mencapai hasil pendidikan yang optimal.

References

Agus, H. Z. (2018). PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF AL-GHAZALI. 3, 21–38.

Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099

Andriani, E. D. (2024). Wawancara Terstruktur dengan Ustadzah Eka Dwi Andriani, S.Pd. Selaku guru kelas RA Nashrus Sunnah.

Asiah, S., Islami, T. B., Anisa, N., & Marpuah, D. S. (2024). Guru dalam pandangan buya hamka. 7, 3413–3419.

Djumiran, A. I. (2024). Wawancara Terstruktur dengan Dr. (Hc). Abu Ishlah Djumiran, S.Pd.I., MPd. Selaku Ketua Yayasan Lembaga Pendidikan RA Nashrus Sunnah.

Giantara, F. (2022). Sifat-Sifat Pendidik Prespektif Hadis Nabi. Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam , 2, 61–76.

Habiburrahman, S. (2015). Hakikat pendidik dan peserta didik dalam Islam. Attanwir: Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(1), 126–145.

Hayati, R., Marzuki, Fachrurazi, Karim, A., Pratiwi, S. H., & Dewi, R. (2023). Penerapan Filsafat Pendidikan Oleh Tenaga Pendidik Di Sekolah Dasar. Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 35–48. https://doi.org/10.37598/pjpp.v10i1,%20April.1702

Izzati, A. N., ZamZam, A. F., & Prabowo, M. I. (2023). Peran Guru dalam Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an dan Hadits. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 7(4), 251–259. https://doi.org/10.47006/er.v7i4.16442

Juhji. (2016). Peran guru dalam pendidikan. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1), 52–62.

Khoiruddin, K., . S., & Usiono, U. (2023). Kepribadian Pendidik Muslim Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 71–80. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i1.333

Maisyaroh, M. (2019). Hakikat Pendidik dalam Perspektif Falsafah Pendidikan Islami. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 4(2), 1–9. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(2).4079

Mardhiah. (2021). Pengaruh Tanggung Jawab Profesi, Komitmen Mengajar, Motivasi, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Efektivitas Kinerja Guru. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i1.21156

Maryatun, I. B. (2016). Peran Pendidik Paud Dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12370

Mazrur, Surawan, & Yuliani. (2022). Kontribusi Kompetensi Sosial Guru dalam Membentuk Karakter Siswa. Attractive : Innovative Education Journal, 4(2), 281–287.

Mia, Y. G., & Sulastri, S. (2023). Analisis Kompetensi Profesional Guru. Journal of Practice Learning and Educational Development, 3(1), 49–55. https://doi.org/10.58737/jpled.v3i1.93

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook Third Edition. USA: Sage Publications.

Pranata, H. (2022). Nilai Pendidik Dalam Pendidikan Agama Islam (Kajian Filsafat Pendidikan Islam). HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 252–266.

Ridwan, Y., & Ikhwan, A. (2021). Education of Religious Characters in Indonesia. 2nd Annual Conference on Blended Learning, Educational Technology and Innovation (ACBLETI 2020), 435–440. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210615.083

Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., Furnamasari, Y. F., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158–7163. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2106/1857

Setiyawan, A. (2016). Konsep Pendidikan Menurut Al- Ghazali dan Al-Farabi (Studi Komparasi Pemikiran). Tarbawiyah : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1).

Siti Hawa. (2022). Pendidik Dalam Prespektif Filsafat Pendidikan Islam. JURNAL AZKIA : Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 15(2). https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v15i2.19

Sulaiman. (2019). Hakikat Manusia Sebagai Pendidik dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 91–99. https://doi.org/10.36835/au.v1i1.165

Thaha, A. (2023). Problematika Pendidikan Agama Islam di Era Disrupsi perspektif Epistemologi. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 70–87. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.58

Utami, F., Boeriswati, E., & Supena, A. (2023). Peran Pendidik untuk Menstimulasi Kemampuan Anak Usia Dini dalam Pemecahan Masalah. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(3), 436–445. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i3.560

Yazidul Busthomi, & Syamsul A’dlom. (2022). Tugas Dan Peran Guru Menurut Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.37286/ojs.v8i1.123

Zukhrufin, F. K., Anwar, S., Sidiq, U., & Ponorogo, U. M. (2021). Desain Pembelajaran Akhlak Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. JIE: Journal of Islamic Edication, 6(2), 126–144. https://doi.org/10.29062/jie.v6i2.201

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Ariyanti, & Anwar, S. (2024). PERAN PENTING PENDIDIK DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM (STUDI KASUS DI RA NASHRUS SUNNAH MADIUN). Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 33–47. https://doi.org/10.52185/abuyaVol2iss2Y2024447