MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN MEDIA GELAS BILANGAN
DOI:
https://doi.org/10.52185/abuyaVol1iss1Y2023294Keywords:
Media Pembelajaran Gelas BilanganAbstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan media gelas bilangan. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah penelitian tindakan yang dilakukan oleh peneliti dengan merancang, melaksanakan dan mereflesikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif yang bertujuan memperbaiki atau meningkatkan mutu (kualitas) proses pembelajaran melalui suatu tindakan tertentu dalam suatu siklus. Model PTK yang digunakan adalah model Kemmis & Taggart. Hasil penelitian diperoleh adanya peningkatan hasil evaluasi siswa dari siklus I ke siklus II, yaitu meningkatnya nilai rata-rata kelas dari 74,7 menjadi 93,8. Pada siklus II siswa yang mendapat nilai ≥ 70 lebih banyak dibanding siklus I, yaitu sebanyak 17 atau seluruh siswa mencapai nilai ≥ 70 (100%). Data yang dihasilkan pada siklus II ternyata sudah memenuhi keberhasilan. Berdasarkan deskripsi hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran gelas bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Amilda. 2012. Kesulitan Belajar: Alternatif Sistem Pelayanan dan Penanganan, Yogyakarta; Pustaka Felicha
Susilo, Dodi. 2021. Peningkatan Kemampuan Menentukan Nilai Tempat Bilangan Menggunakan Media Gelas Warna Pada Peserta Didik Kelas I. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Volume 9 Nomor 1 Tahun 2021.
Hakiki, F., Ekowati, D.W., Susintowati, W. 2019. Peningkatan Pemahaman Konsep Nilai Tempat Bilangan Melalui Media Gelas Warna Pada Siswa Kelas I Sdn Purwantoro 2 Malang. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan Volume 9 Nomor 2 Juni 2019.
Hamzah, Ali. 2013. Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran Matematika Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Kunandar. 2013. Langakah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: Rajawali Pers
Marsigit. 2016. Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. Padang: Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumatra Barat
Muttaqin, H.H. 2019. Tujuan Pembelajaran Matematika. Jakatra
Pitadjeng. 2015. Pembelajaran MatematikA yang Menyenangkan, Yogyakarta: Graha Ilmu
Purnomo, Yoppy Wahyu. 2015. Pembelajaran Matematika Untuk SD Bandung: Erlangga
Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. yogyakarta: pustaka belajar Rasyad,
Azhar. 2011. Media Pembelajaran, Jakatra: PT Grafindo persada
Runtukahu, J, T. & Kandou, S. 2013. pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkeselitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Sadiman, A, S., Dkk. 2011. Media Pendidikan, Pengartian, Pengambangan, dan Pemanafaatannya. Jakatra: Rajawali Pres
Sanaky, H AH. 2013. Media Pembelajaran Inovatif- Interaktif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara
Sundaya, Rostiana. 2014. Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta
Sukardi. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Kelas; Implementasi dan Pengembangan, Jakarta; Bumi Aksara
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta
Wahidmurni, Mustikawa, A. & Ridho. 2010. Evaluasi pembelajara, kompetensi dan praktek. yogyakarta: nuhaletera
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.