IMPLEMENTASI METODE KOOPERATIF DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MI
DOI:
https://doi.org/10.52185/abuyaVol1iss1Y2023293Keywords:
Metode Kooperatif, Ilmu Pengetahuan Sosial, MIAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi metode kooperatif dalam pembelajaran IPS sebagai solusi yang relevan untuk menghadapi tantangan pendidikan di era abad ke-21. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif dan kajian pustaka. Adapun dalam sistem mengumpulkan datanya dokumentasi dengan menggunakan analisis data deskriptif. Hasilnya dari penelitian ini menunjukkan bahwa Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial MI dalam menggunakan Metode Kooperatif menjadi salah satu metode alternatif bagi sebagian Guru untuk menghasilkan proses pembelajaran yang lebih efektif dan efesien. Pembelajaran kooperatif adalah metode pembelajaran dalam kelompok kecil di mana setiap siswa saling berinteraksi satu sama lain untuk melaksanakan tugas guru guna mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal. Harapannya adalah bahwa hasil penelitian ini dapat menjadi acuan dan panduan bagi pengembangan pembelajaran IPS di masa yang akan datang.
References
Aminuddin Rasyad, Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: UHAHKA PRESS, 2006
B. Merriam, Sharan & Robin S. Grenier. (2019). Qualitative Research in Practice: Examples for Discussion and Analysis. Amerika: Jossey-bass
Darmawan Harifah Dkk, Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa, (2022), https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/view/835/686
Desi Tri Sapitri, Skripsi, Konsep Pendidikan Islam Dalam Studi Perbandingan Jalaluddin Rahkmat Dan Muhammad Rasyid Ridho, Metro: Fakultas Tarbiyah, 2017.
Hasyim Zaini dkk, Strategi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi Yogyakarta: CTSD IAIN Sunan Kalijaga, 2002.
Ida Fiteriani, Dan Suarni, Model Pembelajaran Kooperatif Dan Implikasinya Pada Pemahaman Belajar Sains Di Sd/Mi (Studi Ptk Di Kelas Iii Min 3 Watesliwa Lampung Barat) (2016), http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/1191
Isjoni, Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Ismun Ali, Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam (2021), https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/view/82
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosdakarya, 2008
Martiyono, Perencanaan Pembelajaran; Suatu Pendekatan Praktis KTSP Termasuk Model tematik, Yogyakarta: Aswaja Presindo 2021
Mel Silberman, Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2007.
Miftahul Huda, Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur Dan Model Penerapan Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Muchtar Bukhori, Menggagas Paradigma Baru Pendidikan Yogyakarta:Kanisius, 2000.
Rien Anitra, Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar, (2021), https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPDI/article/view/2311/pdf
Robert E. Slavin, Cooperative Learning: Teori, Riset Dan Praktik London: Allymand Bacon, 2005.
Sofari Amri dan Lif Khoiru Ahmadi, Kontruksi Pengembangan Pembelajaran:Pengaruhnya Terhadap Mekanisme dan praktek Kurikulum, Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya, 2010
Suyanto, Menjelajah Pembelajaran Inovatif (Siduarjo: Media Buana Pustaka), 2009.
Suyono dan Hariyanto, belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar, Bandung: Rosdakarya, 2014
Syaiful Bahri dan Aswan Zaini, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Jakarta: Kencana, 2010.
Umiarso dan Zamroni, Pendidikan Pembebasan Dalam Perspektif Barat Dan Timur ,Yogyakarta : Ar-Ruzz Media, 2011.
Zuriatun Hasanah, Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa, (2001), https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.