IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE MELALUI MEDIA PUZZLE MAKER PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Imroatul Maufidhoh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Madura
  • Ismil Maghfirah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Madura

DOI:

https://doi.org/10.52185/abuyaVol1iss1Y2023284

Keywords:

Pembelajaran, Artificial Intelligence, Media, Puzzle Maker

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran yang berbasis kecerdasan buatan melalui media puzzle maker pada siswa sekolah dasar serta bagaimana pelaksanaan pembelajaran ini terhadap perkembangan kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian yang sifatnya kualitatif dengan menggunakan metode studi literasi dan observasi (pengamatan). Untuk itu, pengumpulan data dilakukan melalui kajian literasi dengan melakukan pengkajian terhadap penelitian-penelitian terdahulu yang memiliki judul hampir sama dengan penelitian ini. Pengumpulan data juga dapat dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap beberapa pembelajaran yang telah menggunakan kecerdasan buatandi SDN Pakong 2. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran yang berbasis kecerdasan buatan termasuk salah satu inovasi dalam bidang pendidikan. Selain itu, dapat diketahui juga bahwa penerapan pembelajaran berbasis kecerdasan buatan ini membawa dampak positif dalam perkembangan kognitif siswa seperti halnya membuat siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran serta membuat siswa menjadi lebih mudah memahami materi yang diajarkan oleh guru.

References

Agustira, S., & Rahmi, R. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tingkat Sd. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(1), 72–80. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v4i1.6267

Amalia, S., & Agustina, R. (2022). Students’ Perceptions about the Use of Interactive Video and its Effect on Students’ Learning Motivation at Elementary School. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 8(2), 106–116. https://doi.org/10.19109/jip.v8i2.14282

Anisati, A. S., & Setyawan, A. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Bernyayi Siswa Kelas II di Sekolah Dasar. Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 205–210. https://doi.org/10.15408/elementar.v2i2.26743

Annur, A. F., & Sari, R. (2022). Implementation of Environmental Education in Improving The Environmental Ethics of Madrasah Ibtidaiyah Students To Support SDGs 2030. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru MI, 12(2), 99–108. https://doi.org/10.18952/aladzkapgmi.v12i2.7490

Febriady, D., Pebriana, P. H., Alim, M. L., & Ananda, R. (2022). The Impact of Free Fire Online Games on Students’ Social Behavior at Elementary School. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 8(2), 140–150. https://doi.org/10.19109/jip.v8i2.14165

Hanifah, N. H., Walid, M., Putri, C. A., Sinta, L. N., & Ningrum, D. E. A. F. (2022). Development of Android-based “Pete” Educational Game to Improve Elementary School Student Learning Outcomes in Social Science Learning. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 9(2), 430. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v9i2.11467

Jannah, R., & Oktaviani, R. N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Digital pada Pembelajaran Matematika Materi Penyajian Data Kelas V MI At-Taufiq. Jurnal Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 7(2), 123–138. https://ibriez.iainponorogo.ac.id/index.php/ibriez/article/view/283

Khairi, M. (2022). Penilaian portofolio pada pembelajaran IPA di MI. 7, 126–135. https://doi.org/10.32505/azkiya.v9i2.4708

Maharani, S. D., Husin, A., & Pulungan, M. (2022). The Effect of Out Class Learning Design on Students’ Creative Thinking Ability in Social Studies Learning for Grade IV Elementary School Students. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 9(2), 392. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v9i2.11704

Marini, M. (2022). Al-Adzka : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru MI Problems in Mathematics Learning Multiple Materials Viewed From Low-Grade Students ’ Learning Interest Aspect. 12(2), 67–75. https://doi.org/10.18952/aladzkapgmi.v12i2.6948

Masnun, M., Putri, A. S., Jaelani, A., & Ummah, I. (2022). Teacher’s Strategy in Improving Reading Comprehension Skills of Arabic Texts at Madrasah Ibtidaiyah. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 9(2), 371. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v9i2.11456

Moch. Sutria Dhinesa. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Partisipatif. 15(1), 36–50.

Prayogo, M. S., & Lestari, M. F. (2022). Efektivitas penggunaan media audio visual di SDN Wonosari 01 Kabupaten Bondowoso konsep tentang daur air . Singkatnya , siklus air merupakan rangkaian atau dari penelitian ini adalah mampu memberikan sumbangan pemikiran tentang air MI / SD , serta mampu memberikan sumbangan pemikiran bagi pembelajaran. 7, 156–163. https://doi.org/10.32505/azkiya

RACHMA DWI YANTI, HISBAN THAHA, M. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI PADA PESERTA DIDIK SD. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(1), 81–95.

Rahayu, G. D. S., Altaftazani, D. H., & Wardani, D. S. (2023). The Development of Teaching Materials Based on Project-Oriented TPACK Approach to Improve the Creative Thinking Skills of Elementary School Teacher Prospective Students. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 10(2), 225. https://doi.org/10.21043/elementary.v10i2.14052

Rahmawati, D. S., & Wafiqni, N. (2022). Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas IV. Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 143–149. https://doi.org/10.15408/elementar.v2i2.28104

SITI NUR AISAH, TITA TANJUNG SARI, A. P. U. (2022). PENGEMBANGAN VIDEO EDUKASI PETUALANGAN ALI DAN AJI SEBAGAI ALTERNATIF BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 3(2), 157–171.

Sufyan, Q. A., & Ghofur, A. (2022). Pemanfaatan Digitalisasi Pendidikan Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(1), 62–71. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v4i1.6531

Syarif, M. I., Subhan, S., Indriani, M., & ... (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Berbasis Puzzle Rantai Makanan Dan Augmented Reality. Jurnal Ibriez …, 7. https://ibriez.iainponorogo.ac.id/index.php/ibriez/article/view/284%0Ahttps://ibriez.iainponorogo.ac.id/index.php/ibriez/article/download/284/129

Yusuf, A. Muri (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana

Zahroh, R. F. (2022). MUBTADI : Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA. 4(1), 11–18.

Downloads

Published

2023-05-30

How to Cite

Imroatul Maufidhoh, & Ismil Maghfirah. (2023). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE MELALUI MEDIA PUZZLE MAKER PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 30–43. https://doi.org/10.52185/abuyaVol1iss1Y2023284