PENERAPAN DAN EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA MADRASAH IBTIDAYAH
DOI:
https://doi.org/10.52185/abuyaVol1iss1Y2023282Keywords:
Model Pembelajaran Talking Chips, IPA, Madrasah Ibtidaiyah, Prestasi BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Model pembelajaran Talking Chips pada materi Ilmu Pengetahuan Alam siswa MI dengan mengamati: (1) Aktivitas guru (2) Aktivitas siswa, dan (3) Hasil belajar siswa. Selain itu penelitian ini membahas penerapan model pembelajaran Talking chips secara konseptual berdasarkan penelitian. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas melalui 2 siklus menggunakan model Kemmis & MC Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan pemberian soal tes. Analisis data menggunakan rumus rata-rata dan juga persentase. hasil penelitian menunjukkan bahwa: persentase aktivitas guru 41,25% pada siklus I, persentase nilai aktivitas siswa 16,66% pada siklus I. Persentase aktivitas guru 55% pada siklus II, persentase nilai aktivitas siswa 75% pada siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 70 pada siklus I menjadi 80 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Model pembelajaran Talking Chips pada materi Ilmu Pengetahuan Alam efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas IV MI Nurul Huda Bicabbi
References
Anwar, M. F., & Rozhana, K. M. (2020). Pembelajaran Group Investigation dan Talking Chips untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 107–113. https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4325
Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Faturrohman, Muhammad. (2015). Model- model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Ginting, E. B. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Talking Chips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Redoks Kelas X SMA Negeri 1
Hikmawati, N. (2020). Mind Mapping Dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar:(Studi Meta-Sintesis).Kariman,8(2),303–326. https://doi.org/https://doi.org/10.52185/kariman.v8i02.153
Miftahul, Huda. (2011). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Metode Penerapan. Pustaka Belajar.
Rista, Karolin, dan Eko April Ariyanto. (2018). “Pentingnya Pendidikan dan Meningkatkan Motivasi Belajar Anak”. Jurnal Abdikarya; Jurnal Karya Pengabdian Dosen dan Mahasiswa. Vol. 01, No. 02.
Setyani, S., & Marlina, M. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits Siswa Melalui Penerapan Metode Talking Chips. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 64–69. https://doi.org/10.30599/jpia.v6i2.587
Sudjana, N. (2010). Cara belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo.
Surapti, Lilik. (2016). “Upaya Meningktakan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips”, Jurnal Riset dan Konseptual, Vol. 1, No. 1, Salapian.repository.ar-raniry.ac.id.https://repository.ar-aniry.ac.id/id/eprint/10084/
Suyanto. (2011). Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosda Karya
Widyaningrum, Ratna dan Ema Butsi. (2018). “Implementasi Model Pembelajaran Talking Chips Disertai Media Fotonovela Untuk Meningkatan Sikap Peduli Lingkungan dan Kemampuan Penyampaian Pendapat Mahasiswa”, Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, vol. 8, no.1, 2018
Wina Sanjaya. (2017). Perencanaan dan Sistem Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.