Manajemen Marketing Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Peserta Didik di MA Nasyatul Muta’allimin Candi Dungkek Sumenep

Authors

  • fawaid Zaini, Sunarto INSTITUT KARIMAN WIRAYUDHA SUMENEP

Keywords:

Manajemen Marketing, Minat Baca, Peserta Didik

Abstract

Eksistensi sekolah dapat diukur dari beberapa indicator penting seprti bagaimana marketing Pendidikan yang terlah berjalan, manajmen marketing ini sebagai bukti real tentang bagaiamna sekolah mempunyai kesan di masyakarat baik itu berupa manajemennya atau mutu Lembaga tersebut. Dalam rangka menyedot perhatian siswa dan orang tua siswa maka tidak sedikit sekolah yang mendesain lembaganya sedemikian rupa untuk menarik perhatian dan menjadi sekolah pilihan. desain mutu sekolah tidak akan pernah lepas dari sensitivitas sekolah dalam rangka membava kebutuhan dari pengguna jasa Pendidikan dalam hal ini adalah orang tua dan siswa, sebagaimana pada Lembaga Pendidikan di Madrasah Aliyah Nasy-tul Muta’allimin Candi Dungkek Sumenep Manajemen marketing pendidikan dalam konteks meningkatkan minat peserta didik di MA Nasy-atul Muta’allimin Candi Dungkek Sumenep tahun pelajaran 2019/2020 maka penulis dapat menyimpulkan bahwa strategi yang paling efektif digunakan adalah melalui humas sekolah, membentuk panitia penerimaan siswa baru, brosur cetak dan online, sosialisasi ke lembaga lain, melibatkan alumni dan tokoh masyarakat dalam perancangan program sekolah. Hal ini tak lepas dari peran adanya ilmu marketing yang memiliki pengaruh besar, karena di dalamnya tidak hanya fokus pada konteks merancang dan mengevaluasi program. Akan  tetapi memcakup pada bagaimana membangun kreativitas, onovasi, dan membangun image positif seorang administrator dalam mengelola lembaga.

Downloads

Published

2025-01-19

Issue

Section

Articles