Manajemen Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah

Authors

  • Luluatul Maktumah, Musayyidi INSTITUT KARIMAN WIRAYUDHA SUMENEP

Keywords:

manajemen, perpustakaan, minat baca

Abstract

Wajah masa depan sebuah negeri dapat dilihat dari bagaimana kualitas siswa masa kini. Kualitas siswa dapat dibentuk melalui membaca. Keadaan tingkat minat membaca para siswa jelas akan berpengaruh terhadap kualitas output atau lulusan sekolah, kualitas lulusan sekolah akan berpengaruh terhadap pembentukan masyarakat yang lebih cerdas, dan masyarakat yang cerdas dapat menuntun perkembangan Indonesia kearah yang lebih maju. Lulusan yang memilki minat baca yang tinggi sehingga memiliki kebiasaan dan kegemaran membaca akan memiliki kualitas ilmu dan pengetahuan yang tinggi, dan tentunya akan berbeda dengan yang tidak gemar membaca buku. Lulusan yang memiliki kegemaran membaca buku akan memiliki pemikiran yang luas, semakin kritis dan kreatif, sehingga lulusan tersebut akan mampu membawa negara Indonesi ke arah yang lebih maju. Melalui budaya membaca di sekolah akan menumbuhkan kesadaran kritis siswa, sehingga sekolah dapat melahirkan generasi masyarakat yang cerdas, memiliki daya saing tinggi dan produktif. Usaha ini dimaksudkan untuk membawa siswa  lebih cerdas dalam menyambut kedatangan zaman yang semakin informatif. Minat baca merupakan langkah awal sekaligus cara yang efektif untuk menciptakan budaya membaca di lingkungan sekolah. Sekolah sebagai lembaga pendidikan berperan penting untuk memupuk minat baca dari sejak dini. Oleh karena itu, perpustakaan sekolah memiliki peran sebagai langkah awal menjadi sarana untuk menumbuhkan minat baca siswa di sekolah, sehingga pada saat siswa sudah mulai gemar membaca maka akan terbentuklah budaya membaca di sekolah, dan budaya membaca di sekolah akan berpengaruh pula terhadap budaya membaca masyarakat.

Downloads

Published

2025-01-19

Issue

Section

Articles