Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MTs Nurul Amal

Authors

  • Matlani, Marwiyah INSTITUT KARIMAN WIRAYUDHA SUMENEP

Keywords:

komunikasi organisasi, manajemen pendidikan, optimalisasi

Abstract

Kepala madrasah  yang berhasil adalah kepala madrasah yang memahami akan faktor-faktor yang menjadikannya mampu berhasil dalam memimpin suatu sekolah sehingga memudahkan baginya menentukan langkah-langkah dalam upaya mewujudkan keberhasilan. Diharapkan kepala madrasah dan semua unsur yang ada didalamnya siap dan terdorong untuk menghadapi persoalan-persoalan yang mungkin terjadi, baik secara internal dan eksternal dan jika tidak diretas akan menyebabkan sekolah tetap terjebak pada situasi kritis dan tidak akan mampu mendongkrak hasil belajar siswa.dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data, wawancara, observasi, dan dokumentasi, pada penelitian ini kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa melalui optimalisasi fungsi dan peran kepala sekolah, sedangkan faktor pendukung dan penghambatnya adalah faktor masyarakat, orang tua dan siswa.

Downloads

Published

2025-01-19 — Updated on 2025-01-20

Issue

Section

Articles