MANAJEMEN SARANA PRASARANA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MTs RAUDLATUL MUSTARSYIDIN LONGOS
Keywords:
Manajemen, Sarana Prasarana, Kompetensi pedagogikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana Manajemen Sarana Prasarana Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di MTs Raudlatul Mustarsyidin Longos Gapura, dan bagaimana gambaran kompetensi pedagogik guru di MTs Raudlatul Mustarsyidin Longos. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipakai ialah: (a) observasi, (b) wawancara dan (c) dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan metode reduksi data, penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menggambarkan bahwa Pertama, Manajemen Sarana prasarana MTs Raudlatul Mustarsyidin Longos sudah terlaksana dengan baik, melalui lima Proses dalam upaya pengadaan dan pendayagunaan, yaitu perencanaan, pengadaan, pengaturan, penggunaan, dan penghapusan. MTs Raudlatul Mustarsyidin selalu merencanakan sarana prasarana secara matang, hal ini dilakukan untuk perkembangan MTs Raudlatul Mustarsyidin kedepannya agar semakin baik. MTs Raudlatul Mustarsyidin selalu mengembangkan guru dan staf, seperti memberdayakan guru dan staf baik dari segi gaji guru dan staf maupun pelatihan-pelatihan agar berhasil dalam pendidikan dan mencetuskan pribadi siswa yang baik. Hal ini tidak terlepas dari peran kepala sekolah yang selalu memberdayakan guru, agar guru mempunyai kompetensi pedagogik yang baik. Guru di MTs Raudlatul Mustarsyidin sangat kreatif, ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru sudah baik. Maksudnya dalam proses pembelajaran guru mampu melakukan variasi dalam kegiatan belajar mengajar dan mampu membuat alat bantu atau media belajar sederhana dalam meningkatkan pemahaman siswa.