Pendidikan Islam dalam Pandangan Syekh Nawawi Al-Bantani dan Implementasinya di Era Globalisasi

Authors

  • Mukhlis Mukhlis STIT Al-Karimiyyah Sumenep
  • Hafid Institut Kariman Wirayudha Sumenep

DOI:

https://doi.org/10.52185/kariman.v9i2.190

Keywords:

Pendidikan Islam, Syekh Nawawi Al-Bantani, Era Globalisasi

Abstract

Pemikran Pendidikan Islam Syekh Nawawi Al-Bantani lebih menekankan kepada Tauhid dan mengimani bahwa allah itu maha Esa, yang di sertai dengan perbuatan yang baik sesuai dengan ajaran al-Qur’an dan hadist.  Tidak hanya itu, dalam pemikiran beliau manusia dalam menjalankan kehidupan di dunia harus memiliki akhlakul karimah seperti yang sudah di contohkan Nabi Muhammad Saw. Ide dasar pendidikan Syekh Nawawi Al-Bantani yang bisa diimplementasikan pada era globalisasi saat ini meliputi: Nilai Pendidikan  Hablum Minallah , Hablum minannas, Hablum minal Alam, Hubungan manusia dengan dunia, Hubungan manusia dengan akhirat  dan yang terakhir Hubungan manusia dengan ilmu.

References

Artikel, Admin, Semangat Nasionalisme Seorang Kyai

Ali Riyadi, Ahmad, Filsafat Pendidikan, Yogyayakarta: Teras, 2010.

Mihdad Wati dan Muhammad Hasbi islam dan Masyarakat.

Hawi, Akmal, Kapita Slekta Pendidikan Islam, Palembang: IKAPI, 2005.

Maragustam, Pemikiran Pendidikan Syekh NAwawi Al-Bantani, Yogyakarta: Datamedia, 2007.

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo persada, 2009.

Sholeh, Badrus, Pemikiran Pendidikan Islam Syekh Nawawi

Siregar, Maragustam, Ide-ide Sentral Syekh Nawawi Al-Bantani Tentang Pendidikan Islam,

Siregar, Maragustam, Tantangan pendidikan Islam Menghadapi Era Globalisasi,

Undang-Undang Republik Indonesia no 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Fokus Media, 2006.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Mukhlis, M., & Hafid. (2021). Pendidikan Islam dalam Pandangan Syekh Nawawi Al-Bantani dan Implementasinya di Era Globalisasi. Kariman: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 9(2), 325–336. https://doi.org/10.52185/kariman.v9i2.190