Konsep Pola Asuh Generasi Alpha Berdasarkan Teori Montessori dan Kajian Islam
DOI:
https://doi.org/10.52185/kariman.v9i2.181Keywords:
Generasi Alpha, Montessori, Kajian IslamAbstract
Penelitian ini, akan memaparkan referensi pola asuh generasi Alpha berdasarkan teori Montessori dan berdasarkan kajian Islam. Polaupendidikanoyang berlandaskan nilai-nilai agama Islam dan nilai-nilai keluargan menjadi hal yang pentinggiditengah kemajuan teknologis yang semakin pesat. Pola asuh demokratis yang mengajarkan kebebasan anak tetapi orang tua tetap berfungsi sebagai kontrol setiap tindakan anak. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research). Penelitian ini menganalisa topik pembahasan menggunakan metode analisa isi (analysis content) dengan menerapkanNpendekatan filosofis. Sumber primeredalam tulisan ini berupa tulisan MarianMontessori yang diterjemahkanxdalam bahasa Indonesia yang berjudul The Absorbent Mind Pikiran yang mudahinmenyerap, Metode Montessori, dan Alquran Hadis. Hasil dari pembahasan dalam tulisan ini adalah; diharapkan orang tua dapat menerapkan beberapa hal sebagai berikut: membiasakan mereka untuk mandiri, mengajarkan tauhid, memberitahu mana yang haram dan halal, menanamkan keimanan kepada Allah SWT, Megajarkan ibadah, disipling dalamikebebasan, pengapusan hadiah-hadiahi dan bentuk-bentukikhukuman, dan yang paling krusial dari semua itu adalah orangiutua diharapkanedapat menjadin contoh atau suri tauladan yang bagi anak, karena anak memiliki pikiran yang mudah menyerap segala hal dan seorang peniru ulung.
References
Adisti, A. R. (2016). Perpaduan Konsep Islam dengan Metode Montessori dalam Membangun Karakter Anak. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 8(1), 61–88. https://doi.org/10.18326/mdr.v8i1.61-88
Arrochman, I. (2020). TANTANGAN POLA ASUH ANAK USIA DINI PADA GENERASI ALFA. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 11, 2020. http://e-jurnal.stitqi.ac.id/index.php/itibar/article/view/220
Astuti, A. R. T., Herman, H., Hadawiah, R., & Ardiyanti, N. (2018). TANTANGAN PARENTING DALAM MEWUJUDKAN MODERASI ISLAM ANAK. Al-MAIYYAH : Media Transformasi Gender Dalam Paradigma Sosial Keagamaan, 11(2), 301–320. https://doi.org/10.35905/almaiyyah.v11i2.660
Damayanti, E. (2019). Meningkatkan Kemandirian Anak melalui Pembelajaran Metode Montessori. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 463. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.333
Departemen Agama. (2010). Al-qur’an dan Terjemahan.
Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Kepustakaan Library Research Edisi Revisi. Kajian Filosofos, Aplikasi, Proses, dan Hasil Peneltian. In i (p. 4). Literasi Nusantara.
Islamoğlu, Ö. (2018). Interaction between educational approach and space: The case of montessori. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(1), 265–274. https://doi.org/10.12973/ejmste/79799
Lillard, A. S., & McHugh, V. (2019). Authentic Montessori: The Dotteressa’s View at the End of Her Life Part II. Journal of Montessori Research, 5(1), 19–34. https://doi.org/10.17161/jomr.v5i1.9753
Maria Montessori, G. L. G. (2015). Metode Montessori Panduan Wajib untuk Guru dan Orang Tua Didik PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). In G. L. Gutek (Ed.), II. Pustaka Pelajar.
Montessori, M. (2017). The Absorbent Mind. Pikiran yang Mudah Menyerap (2nd ed.). Pustaka Pelajar.
Mujib Abdul. (2008). Ilmu Pendidikan Islam.
Novianti, R., Hukmi., & Ilga, M. (2019). GENERASI ALPHA – TUMBUH DENGAN GADGET DALAM GENGGAMAN Oleh : Jurnal Educhild (Pendidikan & Sosial), 8(2), 65–70. file:///C:/Users/user/Downloads/7667-16088-1-SM.pdf
Octofrezi, P. (2011). Perkembangan sosial dan kemampuan sosialisasi anak pada lingkungan sekitar. 09, 1–14.
Sari, M. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA.” Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA 6, no. 1 (p. 13).
Sumitra Agus. (2014). Keterampilan, Mengembangkan Anak, Sosial Dini, Usia. 4(2252), 60–70.
Walls, J. K. (2018). To What Extent Do Parents of Montessori-Educated Children “Do Montessori” at Home? Preliminary Findings and Future Directions. Journal of Montessori Research, 4(1), 14–24. https://doi.org/10.17161/jomr.v4i1.6737
Wulandari, D. A., Saefuddin, S., & Muzakki, J. A. (2018). IMPLEMENTASI PENDEKATAN METODE MONTESSORI DALAM MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI PADA ANAK USIA DINI. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 1. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3216