EVALUASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

EVALUASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Penulis

  • Qurrotul Aini MTs Raudlatul Ulum Gapura Sumenep
  • Bayu Kusferiyanto Institut Kariman Wirayudha

Abstrak

Kurikulum merupakan “ruh” Pendidikan yang harus dievaluasi secara inovatif, dinamis, dan berkala sesuai dengan berkembangan zaman dan IPTEKS, kompetensi yang diperlukan masyarakat dan pengguna lulusan. Perubahan kurikulum dengan demikian menjadi keniscayaan. Bahkan, perkembangan  IPTEKS yang sangat cepat tidak lagi memungkinkan dunia Pendidikan berlama-lama dengan “zona nyaman” kurikulum yang berlaku. Sebagaimana diketahui perubahan dari kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka yang diluncurkan sejak Februari 2022 lalu sebagai salah satu program merdeka belajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kurikulum merdeka akan dijadikan kurikulum nasional pada tahun 2024 mendatang. Namun demikian, kurikulum merdeka telah diimplementasikan di lebih dari 2000 sekolah salah satunya di MTs Raudhatul Ulum Banjar Barat Gapura Sumenep.

Kurikulum merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakulikuler yang beragam, konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Dalam menerapkan kurikulum merdeka tentu memiliki kesulitan tersendiri di setiap mata pelajaran terkhususnya pelajaran Bahasa Arab. Perlu digaris bawahi kurikulum mata pelajaran Bahasa Arab di instansi Pendidikan manapun dengan berbagai modus pengembangannya tidak hanya harus mempertimbangkan kebutuhan-kebutuhan secara internal saja seperti guru, siswa ataupun pimpinan tetapi juga harus mempertimbangkan kebutuhan secara eksternal seperti kurikulum.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana evaluasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran Bahasa arab kelas VII Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Ulum Banjar Barat Gapura Sumenep. Hasil evaluasi kurikulum Bahasa Arab dengan kurikulum merdeka di Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Ulum Banjar Barat Gapura Sumenep diharapkan dapat memberi motivasi serta tolak ukur kepada siswa dalam meningkatkan keterampilan Bahasa arab. Selain itu, melalui penelitian ini diharapkan mampu memebantu guru  dalam mengembangkan pembelajaran  Bahasa Arab dengan berlandaskan kurikulum merdeka.

 

Unduhan

Diterbitkan

27-01-2024

Cara Mengutip

Qurrotul Aini, dan Bayu Kusferiyanto. 2024. “EVALUASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB : EVALUASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB”. Bara Aji: Jurnal Keilmuan Bahasa Arab Dan Pengajarannya 1 (02):28-41. https://jurnal.inkadha.ac.id/index.php/jilbap/article/view/402.