PROBLEMATIKA MAHARAH KITABAH BERDASARKAN KURIKULUM KMA 183

Penulis

  • Nurul Izzah SDIT Diniyyah Al Azhar Jambi
  • Muhammad Hafidz Universitas Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto

Abstrak

Keterampilan Menulis merupakan keterampilan yang tertinggi dalam bentuk pengaplikasiannya. Dimana sebelum mencapai menulis peserta didik harus melalui 3 keterampilan diantaranya, Keterampilan Mendengar, Membaca dan Berbicara. Belajar bahasa Arab sebagaimana dengan mempelajari bahasa lainnya dimana pasti terdapat permasalahan yang harus dihadapi dan diselesaikan. Peserta didik kelas XI tepatnya pada jurusan bahasa memiliki permasalahan sendiri tentang keterampilan menulis ditambah lagi dengan penerapan Kurikulum yang baru diterapkan pada masa pandemi atau daring, yaitu KMA 183. Dalam penelitian ini memiliki rumusan masalah: 1. Apa problematika keterampilan menulis yang terjadi pada peserta didik kelas XI Jurusan Bahasa di MAN 1 Mojokerto berdasarkan Kurikulum KMA 183?, 2. Bagaimana Strategi Pendidik dalam menghadapi Problematika keterampilan menulis yang terjadi pada kelas XI Jurusan Bahasa di MAN 1 Mojokerto berdasarkan Kurikulum KMA 183?. Tujuan penelitian ini ialah: 1. Mengetahui problematika keterampilan menulis yang terjadi pada peserta didik kelas XI Jurusan Bahasa di MAN 1 Mojokerto berdasarkan Kurikulum KMA 183, 2. Mengetahui Strategi Pendidik dalam menghadapi Problematika keterampilan menulis yang terjadi pada peserta didik kelas XI Jurusan Bahasa di MAN 1 Mojokerto berdasarkan Kurikulum KMA 183. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi dengan sumber data peserta didik dan pendidik. Berdasarkan data yang diperoleh sehingga penulis mendapatkan hasil penelitian sebagai berikut: Problematika keterampilan menulis yang terjadi pada kelas peserta didik XI Jurusan Bahasa di MAN 1 Mojokerto berdasarkan Kurikulum KMA 183 yaitu peserta didik tidak memiliki buku kma 183, kurang penguasaan kosakata, kesulitan menyusun kalimat bahasa Arab, membedakan huruf sambung dan latar belakang pendidikan. Strategi pendidik dalam menghadapi problematika yang terjadi yaitu pemberian soft file buku, metode drill, metode ceramah plus, metode sylent way dan perhatian khusus.

Kata Kunci: Problematika Keterampilan Menulis, Keterampilan Menulis, Kurikulum KMA 183.

Unduhan

Diterbitkan

27-01-2024

Cara Mengutip

Izzah, Nurul, dan Muhammad Hafidz. 2024. “PROBLEMATIKA MAHARAH KITABAH BERDASARKAN KURIKULUM KMA 183”. Bara Aji: Jurnal Keilmuan Bahasa Arab Dan Pengajarannya 1 (02):83-114. https://jurnal.inkadha.ac.id/index.php/jilbap/article/view/401.