KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PROGRAM KELAS PERSIAPAN MASUK TIMUR TENGAH

Studi Kasus pada MBI Dan MA Amanatul Ummah Pacet Mojokerto

Penulis

  • Hizbulloh MTs Unggulan Amanatul Ummah Mojokerto
  • Nafiul Huda Universitas Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto

Abstrak

Mengajar bahasa Arab untuk tujuan prosedural khusus dapat didefinisikan sebagai pembelajaran dalam Kursus kualitatif yang desainnya didasarkan pada kebutuhan linguistik sekelompok peserta didik yang termasuk dalam bidang pengetahuan berbeda dengan ciri-ciri linguistik dan pola linguistik tertentu.

Bahasa merupakan bagian dari budaya sehingga ketika mempelajari bahasa Arab maka harus mempelajari pula mengenai budayanya. Hal tersebut membuat siswa yang mempelajari bahasa juga mempelajari budaya sebagai jalan untuk merasa, menginterpretasi, merasakan, dan berhubungan dengan siapa saja yang ditemui. Oleh karena itu artikel ini memuat karakteristik apa serta persamaannya dalam  pembelajaran bahasa Arab dikelas persiapan di MBI dan MA  Unggulan Amanatul  Ummmah Pacet mojokerto

Artikel ini juga memberikan pengalaman bagi peneliti dalam memanifestasikan materi-materi pembelajarn selama perkuliahan dan pengetahuan konsep pembelajara di kelas khas di MBI dan MA Amanatul Ummah Pacet Mojkerto, dengan penelitian ini peneliti mendapat data real sesuai dengan kenyataan disekolah.

 

Referensi

Zulhannan,2015. Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Fathur Rahman. 2015 Metodologi Pembelajaran Bahasa arab (Malang: Wisma Kalimetro.

Henry Guntur Tarigan.1990. Pengajaran kometensi bahasa. Bandung: Angkasa.

Nababan, P. W. J. 1987 Ilmu Prakmatik: Teori dan Penerapannya.Jakarta: Depdiknas.

Abdel-Azim Sarri Abd Al-Ath Keterampilan ekspresi tertulis untuk anakanakdari sekolah ramah di Republik Arab Mesir, Studi Arab dalam Pendidikan dan Psikologi, Arab Saudi, Vol. 22, Bagian 2,Riyadh 1438 H.

Ahmad Taufiq, Mirwan. 2018. Bahasa Arab Untuk Petugas Haji Indonesia, Surabaya: JDS.

Nuha,Ulin.2012.MetodologiSuper Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: DIVA Press.

Arsyat Azhar. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Surabaya :Penerbit Pustaka Pelajar, 2003.

Eka wati Dian. Ragam Strategi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandar Lampung : Anugrah Utaa Raharja AURA, 2013.

Jamaldin ahdar , Wardana Belajar dan Pembelajran Pare-pare : Kaaffah learning center.

Muh. Sain Hanafy, “Konsep Belajar dan Pembelajaran”, Jurnal Lentera Pendidikan, Vol. XVII, No. 1, (Juni 2016)

Khalilullah, M. (t.t.). Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Depdiknas. 2008,Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. 2008.)

Dengeng, I. N. S. Kerangka Perkuliahan dan Bahan Pengajaran. Jakarta: Proyrk Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan 1989.

Acep Hermawan,2011, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Azhar Arsyad, 2003, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, Surabaya: Pustaka Pelajar.

Mustofa, S. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Malang: UIN Maliki Press.

Hamalik Oemar , Proses Belajar Mengajar Jakarta Bumi Aksara.

Uzer Moh, 1996 ,Menjadi Guru Profesional. Bandung Rosda Karya.

Nandang Sarip Hidayat, “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab”, Jurnal Pemikiran Islam Vol.37 no.1 (2012). (Online), (http://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/Anida), (08 Juni 2019).

Abu bakar Muhammad, 1981, Methode Khusus Pengajaran Bahasa Arab, Surabaya: Usaha Nasional.

Suja’i, 2008 , Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab, (Semarang: Walisongo Press).

Eka wati Dian,2013, Ragam Strategi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandar Lampung : Anugrah Utaa Raharja AURA.

Firgah Muhammad. “Strategi Pengelolaan Komponen Pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Limbung Kab.Gowa”, Skripsi : Fakultas Agama Islam Unismuh Makassar, 2018.

Narbuko, Cholid dan Abu Achmadi. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara.Depdikbud. 1998. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran; Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Rineka Cipta.

Nurbayan, Yayan. 2008. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Zein Al Bayan.

Wahyudi, Dedih. 2020. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Musthafa, Izzuddin dan Acep Hermawan. 2018. Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maksudin, & Nurani, Q. (2018). Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Teori Dan Praktik. Yogyakarta: Pascasarjana FITK UIN Sunan Kalijaga.

Mahsun Abu, 2016. Mretode Khusus Bahasa Arab dan Pengaplikasiannya. Surabaya : Usaha Nasional.

Mirman Ahmad Taufiq, Bahasa Arab Untuk Petugas Haji Indonesia.

Abdel-Azim Sarri Abd Al-Ath. Keterampilan ekspresi tertulis untuk anak-anak dari sekolah ramah di Republik Arab Mesir, Studi Arab dalam Pendidikan dan Psikologi, Arab Saudi, Vol. 22, Bagian 2,Februari.

Tom Hutchinson • Alan Waters ... Principles of English for specific purposes (Hutchinson and Waters,1987), genre ... [Show full abstract] principles from a systemic functional perspective (Halliday and Hasan, 1989)

Mahmoud Ashari (1983) Mengajar Bahasa Arab untuk Tujuan Khusus, Jurnal Arab Studi Linguistik, Institut Internasional Khartoum, Kulit 1, Edisi 2,hal.116. Definisi ini diambil dari Dr. Mahmoud Shari yang dikutip dari Munby, Jojn, Communicative Syllbus Dsigen (1988).

Mahmoud Isael Saleh (2003). Conference on the Preparation of Science in Teaching Arabic for Special Purposes, Sudan, the Arab Organization forEducation, Culture and Science, Khartoum, Khartoum Dovi Institute, periode dari (4-6 / 2003).

Asamah Zaky Al Sid Aly, Al Marji’ fii ta’liim allughoh al arabiyah liaghrodh khoos, Riyadh 1438

Tohe, A. (2018). Arabic Language at The Crossroad: A Case Study in Indonesia. Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab (PINBA) XI,977-988.

Sauri, S. (2020). Sejarah Perkembangan Bahasa Arab dan Lembaga Islam di Indonesia. INSANCITA: Journal of Islamic Studies in Indonesia and Southeast Asia, Vol. 5,

Harefa, A. 2003. Mengasah Paradigma Pembelajar. Cetakan ke-2. Yogyakarta: Gradien.

Wekke, S. I. 2015. Arabic Teaching and Learning: A Model From Indonesian Muslim Minority. Dalam Procedia - Social and Behavioral Sciences 191.

Susanto, G. 2007. Pengembangan Bahan Ajar BIPA Berdasarkan Kesalahan Bahasa Indonesia Pebelajar Asing. Dalam Jurnal BAHASA DAN SENI. Vol. 35 No. 2 Agustus 2007

Koentjaraningrat. 1992. Kebudayaan, Mentalitas dan Pembangunan, Jakarta: Gramedia.

Tohe, A. (2018). Arabic Language at The Crossroad: ACase Study in Indonesia. Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab (PINBA) XI,977-988.

Rodjinandari, Nanny dan Bambang Supriadi. (2016).Kompetensi Pendamping Pemandu Wisata Local sebagai Developers of People, Jurnal Pesona, Vol.2,No. 12.

Nasaruddin. (2018). Responsbiliti Kurikulum Pendidikan Bahasa Arab terhadap Wisata Syariah di Lombok-NTB, Proceeding The 1st International Conference on Halal Tourism, Products, and Services. XII, 146152.

Barmawi, Mohammad, Lulus TOAFL dengan Mudah dan Memuaskan, Yogyakarta: PT.Diva Press Anggota IKAPI, 2011.

Unduhan

Diterbitkan

27-01-2024

Cara Mengutip

Hizbulloh, dan Nafiul Huda. 2024. “KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PROGRAM KELAS PERSIAPAN MASUK TIMUR TENGAH: Studi Kasus Pada MBI Dan MA Amanatul Ummah Pacet Mojokerto”. Bara Aji: Jurnal Keilmuan Bahasa Arab Dan Pengajarannya 1 (02):42-58. https://jurnal.inkadha.ac.id/index.php/jilbap/article/view/400.