PENGARUH BAHASA JAWA YANG MENGIRINGI KESALAHAN MORFOLOGI BERBAHASA ARAB SANTRI

Studi Kasus Santri Putri MA (Madrasah Aliyah) PPMS (Pondok Pesantren Mamba’us Sholihin)

Penulis

  • Lailatul Qomariyah MTs Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta

Kata Kunci:

bahasa jawa, bahasa arab, morfem

Abstrak

 

Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui berbagai bentuk interferensi morfologi bahasa Jawa dalam percakapan bahasa Arab santri Pondok Pesantren Mamba'us Sholihin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fenomena interferensi morfologi yang terjadi di lingkungan Asrama Putri MA PPMS pada afiksasi kata merupakan kasus yang mendominasi tuturan mahasiswi MA PPMS, namun jenis afiks yang ditemukan hanya pada jenis sufiks. .

Kata Kunci: Interferensi Morfologi, Jawa, Arab.

Referensi

Abdul Chaer dan Leonie Agustina. 2014. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

C. Letts, 2001. Bilingualism and Language Acquatision, yang dibukukan oleh Rajend Mesthrie, Concise Enceclopedia of Sociolinguistics. Inggris: Elsevier Science Ltd

Iwan Indrawan Jendra, Made. 2012. Sociolinguistics The Study Of Socisties’ Languages. Yogyakarta: Graha Ilmu.

J. Heath. 2001. Borrowing, yang dibukukan oleh Rajend Mesthrie, Concise Enceclopedia of Sociolinguistics. Inggris: Elsevier Science Ltd

Jendra, I Wayan. 2007. Dasar-Dasar Sosiolinguistik. Denpasar: Ikayana.

Kridalaksana, Harimurti. 2008. Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Schulz, Eckehard. 2009. terj. Esie Hartianty Hanstein dan Thoralf Hanstein, Bahasa Arab Baku dan Modern. Yogyakarta: LKiS.

Wedhawati dkk, 2006. Tata Bahasa Jawa Mutakhir. Yogyakarta: Kanisius.

Diterbitkan

19-07-2023 — Diperbaharui pada 29-12-2023

Cara Mengutip

Lailatul Qomariyah. 2023. “PENGARUH BAHASA JAWA YANG MENGIRINGI KESALAHAN MORFOLOGI BERBAHASA ARAB SANTRI: Studi Kasus Santri Putri MA (Madrasah Aliyah) PPMS (Pondok Pesantren Mamba’us Sholihin)”. Bara Aji: Jurnal Keilmuan Bahasa Arab Dan Pengajarannya 1 (01):14-23. https://jurnal.inkadha.ac.id/index.php/jilbap/article/view/316.