PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT BAHASA ARAB

Studi Kasus Peserta Didik TAUD SAQU Sumenep

Penulis

  • Fiqi Amaliyah TAUD SAQU Sumenep
  • Bayu Kusferiyanto Institut Kariman Wirayudha

Kata Kunci:

mufrodat, media, gambar arab

Abstrak

 Latar belakang penelitian ini adalah masalah kesulitan siswa dalam mempelajari mufrodat (kosa kata). Siswa kurang fokus saat belajar dan kurang menggunakan media pembelajaran yang dapat menarik minat belajar pembelajaran bahasa Arab, sehingga kemampuan menghafal mufrodat rendah. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti tertarik untuk menggunakan media gambar. Rumusan masalah penelitian ini adalah: “Apakah penggunaan media gambar meningkatkan penguasaan mufrodat bahasa Arab pada siswa kelas B TAUD SAQU Sumenep?”

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui penggunaan media gambar dalam meningkatkan penguasaan mufrodat bahasa Arab siswa kelas B.

Subyek penelitian ini adalah siswa kelas B yang berjumlah 17 siswa dan dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama penelitian tindakan kelas dijelaskan bahwa: pada prasiklus dari 17 siswa, siswa yang memiliki nilai tuntas adalah 6 (35,29%), sedangkan yang memiliki nilai tidak tuntas adalah 11 (64,71%). Siklus I bertambah 17 siswa, dengan nilai tuntas 11 (64,71%) dan nilai tidak tuntas 6 (35,29%). Siklus II bertambah dari 17 siswa, dengan nilai tuntas 14 (82,35) dan nilai tidak tuntas 3 (17,65%). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas B TAUD SAQU Sumenep.

Referensi

Aries, Haryono, (2012)“Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Aplikasinya”, Malang: Aditya Publishing.

Aryad, Azhar. (2014) Media Pembelajaran, edisi revisi. Jakarta, PT RajaGrafindo Persada.

Eris Sebo, (2016). Tahapan-tahapan yang penting dalam menganalisis data hasil penelitian tindakan, diakses pada 24 Mei 2022 dari https://www.tipsbelajarmatematika.com/2016/09/menganalisis-data-hasil-tindakan.html.

Fauziddin, Fikriya, (2020) “mengenal kosakata bahasa Arab melalui permainan kartu huruf hijaiyah yang dilengkapi kosakata”, vol. 1 Media issue 1.

Khansa, (2016). “strategi pembelajaran bahasa Arab”, Vol. 1 (2).

Putu Ekayani, (2017). “Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pretasi Belajar Siswa”, Jurnal Fakultas ilmu pendidikan univeritas pendidikan ganesha singaraja,Vol. 2 (1).

Ray White Sutami, Teori Gambar, Academi.edu

Saputra dkk, (2021). “Penelitian Tindakan Kelas”, Aceh, Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Sukriani. (2020). Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab Peserta Didik Kelas V Madrasah Swasta (MIS) Darul Da’wah Wal Irsyad (DDI) Kampung Baru Parepare (Skripsi, IAIN Parepare) diakses http://repository.iainpare.ac.id/2429/1/15.1200.042.pdf

Umi Hijriyah,(2018). “analisis pembelajaran mufrodat dan struktur bahasa Arab di madrasah ibtidaiyah”,Surabaya, CV Gemilang.

Diterbitkan

19-07-2023 — Diperbaharui pada 29-12-2023

Cara Mengutip

Amaliyah, Fiqi, dan Bayu Kusferiyanto. 2023. “PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT BAHASA ARAB : Studi Kasus Peserta Didik TAUD SAQU Sumenep”. Bara Aji: Jurnal Keilmuan Bahasa Arab Dan Pengajarannya 1 (01):01-13. https://jurnal.inkadha.ac.id/index.php/jilbap/article/view/309.