STRATEGI INOVATIF GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK PADA SATUAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.52185/ghulamuna.v2i2.651Keywords:
strategi, Kemampuan Bahasa, Anak Usia Dini, kemampuan berbicaraAbstract
Abstract: This research employs a qualitative approach, specifically using literature review. The objective of this study is to explore the effectiveness of various learning strategies in developing innovative speaking abilities in young children. The strategies studied include word games, daily dialogues, open-ended questions, active listening, praise and encouragement, role-playing, reading aloud, and so forth. Based on theories from experts such as Vygotsky, Piaget, and Skinner, as well as recent research findings, it is found that these strategies enable children to learn language in natural and relevant contexts, enhancing their vocabulary, critical thinking skills, and self-confidence. The research indicates that a supportive environment and active social interactions are crucial in the language learning process for young children. The use of these strategies also helps enrich vocabulary, improve sentence structure, reduce anxiety, and increase children's motivation to speak. The findings of this study are expected to make a significant contribution to the field of early childhood education and provide guidelines for educators and parents in effectively developing children's speaking abilities.
Abstrak: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan menggunakan studi literatur. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas berbagai strategi pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan berbicara pada anak usia dini yang inovatif. Strategi yang diteliti meliputi permainan kata, dialog sehari-hari, pertanyaan terbuka, mendengarkan aktif, pujian dan dorongan, bermain peran, membaca nyaring, dan sebagainya. Berdasarkan teori-teori dari para ahli seperti Vygotsky, Piaget, dan Skinner, serta hasil penelitian terbaru, ditemukan bahwa strategi-strategi ini memungkinkan anak-anak untuk belajar bahasa dalam konteks yang alami dan relevan, meningkatkan kosa kata, kemampuan berpikir kritis, dan kepercayaan diri. Penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan yang mendukung dan interaksi sosial yang aktif sangat penting dalam proses pembelajaran bahasa pada anak usia dini. Penggunaan strategi-strategi ini juga membantu memperkaya kosa kata, memperbaiki struktur kalimat, serta mengurangi kecemasan dan meningkatkan motivasi anak untuk berbicara. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam bidang pendidikan anak usia dini dan memberikan pedoman bagi para pendidik dan orang tua dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak-anak secara efektif.
References
Afiatine, A. D. (2022). Pengembangan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun melalui Permainan Crossword Puzzle di TK PUSPA Purwakarta.
Astutik, M. (2014). Penerapan Strategi Role Playing dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Muhammadiyah 03 Nusukan, Surakarta.
Bhaskar. (2024). Dialog Efektif dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Anak
Blumenfeld, P. C., Soloway, E., Marx, R. W., Krajcik, J. S., Guzdial, M., & Palincsar, A. (1991). Motivating Project-Based Learning: Sustaining the Doing, Supporting the Learning. Educational Psychologist, 26(3-4), 369-398.
Blumenfeld, P. C., Soloway, E., Marx, R. W., Krajcik, J. S., Guzdial, M., & Palincsar, A. (1991). Motivating Project-Based Learning: Sustaining the Doing, Supporting the Learning. Educational Psychologist, 26(3-4), 369-398.
Bonwell, C. C., & Eison, J. A. (1991). Active Learning: Creating Excitement in the Classroom. ASHE-ERIC Higher Education Report No. 1.
Brazil, D. (1997). The Communicative Value of Intonation in English. Cambridge University Press.
Clark, H. H., & Clark, E. V. (1977). Psychology and Language: An Introduction to Psycholinguistics. Harcourt Brace Jovanovich.
Desi Nurkholifah dan Novan Ardy Wiyani (2024). "Pengaruh Pembelajaran Membaca Nyaring terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini di KB Wadas Kelir Purwokerto." Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 45-58.
Desi Nurkholifah dan Novan Ardy Wiyani (2024). "Pengaruh Pembelajaran Membaca Nyaring terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini di KB Wadas Kelir Purwokerto." Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 45-58.
Desi Nurkholifah dan Novan Ardy Wiyani (2024). Pengaruh Pembelajaran Membaca Nyaring terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini di KB Wadas Kelir Purwokerto.
Harti, M. B., Sumarsih, & Suprapti, A. (2017). Penerapan Permainan Tebak Kata dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini di PAUD Lestari Bengkulu Tengah.
Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn? Educational Psychology Review, 16, 235-266.
Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Smith, K. A. (1998). Cooperative Learning Returns To College: What Evidence Is There That It Works? Change: The Magazine of Higher Learning, 30(4), 26-35.
Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Smith, K. A. (1998). Cooperative Learning Returns to College: What Evidence Is There That It Works? Change: The Magazine of Higher Learning, 30(4), 26-35.
Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2009). Models of Teaching. Pearson.
Khonipah, I. (2024). Metode Diskusi dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di RA Az-Zahra Jakarta Barat.
Khonipah, I. (2024). Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Diskusi pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Az-Zahra. Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Link
Lianty, L. (2013). Efektivitas Strategi Membaca Kolaboratif di Sekolah Inklusif. DKI Jakarta.
Lucas, S. E. (2009). The Art of Public Speaking. McGraw-Hill.
Mardiah, L. Y., & Ismet, S. (2021). Implementasi Metode Bernyanyi dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-6 Tahun.
Mardiah, L. Y., & Ismet, S. (2023). Perkembangan Berbicara Anak Usia 4-6 Tahun Melalui Metode Bernyanyi: Studi Literatur.
Mulia, H. S. (2023). Strategi Guru dalam Menstimulasi Kemampuan Berbicara pada Anak Speech Delay di PAUD Terpadu Bunda Tami. Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia. Link
Na’imah, R. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Bermain Peran terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas IV di MI Miftahul Ulum Bojong.
Nation, I. S. P. (2001). Learning Vocabulary in Another Language. Cambridge University Press.
Noviani, W. R. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Strategi Membaca Bersama Berbantuan Media Bigbook di SDN 011 Tarakan. Tarakan.
Novita Widiyaningrum dan Asmaul Husnah (2023). "Penggunaan Media Boneka Jari dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Anak Usia Dini di TK Al-Hayat." Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(3), 67-76.
Novita Widiyaningrum dan Asmaul Husnah (2023). "Penggunaan Media Boneka Jari dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Anak Usia Dini di TK Al-Hayat." Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(3), 67-76.
Novita Widiyaningrum dan Asmaul Husnah (2023). Penggunaan Media Boneka Jari dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Anak Usia Dini di TK Al-Hayat.
Nurhadiansyah, Pratama, & Al-Ghozali. (2019). Pengaruh Strategi Membaca Bersama dalam Pembelajaran Fiksi di SD Kelas V. Cirebon.
Permata, A. P., Sayekti, T., & Rusdiyani, I. (2023). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 3-4 Tahun.
Prince, M. (2004). Does Active Learning Work? A Review of the Research. Journal of Engineering Education, 93(3), 223-231.
Rahmatiah, Ulpi, dan Maharani (2024). "Penggunaan Metode Bermain Peran dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak di TK Mutiara Kasih." Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 23-35.
Rahmatiah, Ulpi, dan Maharani (2024). "Penggunaan Metode Bermain Peran dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak di TK Mutiara Kasih." Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 23-35.
Rahmatiah, Ulpi, dan Maharani (2024). Penggunaan Metode Bermain Peran dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak di TK Mutiara Kasih.
Sa’adah, A. (2023). Strategi Guru dalam Menstimulasi Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Link
Safitri, A. R. (2021). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Aqidah Akhlak melalui Strategi Pembelajaran Bermain Peran di MTs Sulamul Huda Siwalan Mlarak Ponorogo.
Santrock, J. W. (2011). Child Development. McGraw-Hill.
Savery, J. R., & Duffy, T. M. (1995). Problem-Based Learning: An Instructional Model and Its Constructivist Framework. Educational Technology, 35(5), 31-38.
Siregar, D. Y., et al. (2024). Peran Pragmatik dalam Membangun Makna dalam Komunikasi Sehari-hari.
Slavin, R. E. (1995). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. Allyn & Bacon.
Snow, C. E., Burns, M. S., & Griffin, P. (1998). Preventing Reading Difficulties in Young Children. National Academy Press.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.
Wolvin, A. D., & Coakley, C. G. (1993). A Listening Taxonomy. In A. D. Wolvin & C. G. Coakley (Eds.), Perspectives on Listening. Ablex Publishing Corporation.
Zahara, A. H. (2023). Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Kelas B1 Melalui Penerapan Metode Bermain Peran di RA Perwanida Metro.