MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI MEDIA FLASH CARD

Authors

  • Imelda Martya Rustiana TK Nur Rahman Sumenep

DOI:

https://doi.org/10.52185/ghulamuna.v2i2.537

Keywords:

language skills, Flash card

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Model penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini memakai modelnya Kurt Lewin yang terdiri dari empat tahap. Hasil penelitian menunjukkan perkembangan bahasa anak yang dicapai anak didik di PAUD Nur Rahman Sumenep mengalami peningkatan  dibandingkan sebelumnya, dimana perkembangan aspek bahasa anak  7% pada kondisi awal dan setelah dilakukan praktek penelitian tindakan kelas dengan media flash card, menunjukkan tingkat keberhasilan yang lebih baik pada aspek perkembangan bahasa anak. Siklus I mengalami peningkatan mencapai 53%, maka dari itu dilakukan penelitian ulang, sehingga pada siklus II mengalami peningkatan mencapai  80%, dengan capaian anak mampu memaham intruksi,anak dapat merangkai huruf dan anak dapat bercerita singkat

References

Aisyah Isna. (2019), Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini, Jurnal Al-Athfal.

Anggraini, Novita. (2020), Peranan Orang Tua Dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini, Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta, 2006.

Deviyanti, Rina. (2017), Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan, Jurnal Tarbiyah.

E Hasim. (2019), Perkembangan Bahasa Anak, Jurnal ilmu pendidikan.

F Nasution. A Siregar. (2023) , Permasalahan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan dan keguruan.

Hamdan ,Kholilullah. (2020), Pekembangan Bahasa Anak Usia Dini, Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan.

Hamidah, Alifah. (2023), kajian sosiolinguistik ragam bahasa gaul di media sosial tiktok pada masa pandemi covid-19 dan pemanfaatannya sebagai kamus bahasa gaul, jurnal pendidikan bahasa dan sastra .

Husna, Amalia. (2021), Strategi Perkembangan dan Indikator Pencapaian Bahasa Reseptif dan Bahasa Ekspresif pada Anak Usia Dini, Jurnal Family Education.

L Madyawati. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak . Jakarta: Kencana, 2017.

Mariatul ulfa , Noviana. (2020), AnalisisMedia Pembelajaran Flash Card Untuk Anak Usia Dini, Indonesian Jurnal of early children education.

Nisaul , maghfiroh. (2023), Peran Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam, jurnal manajemen pendidikan islam .

Nurseto, Tejo. (2017), Membuat Media Pembelajaran yang menarik, Jurnal Ekonomi & Pendidikan.

Puspitowati, Pipit. (2019), Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) dengan Menggunakan Media Gambar dalam Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi pada Siswa Kelas IV MI RiyadlatulUqul, Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya.

Qamariyah , Nuril. (2018), Teori belajar aktif,Inovatif,kreatif,efektif,dan menyenangkan, Journal of materials Processing.

Suciati. (2017), Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Bahasa Anak, Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal.

Suleman, Joko. (2018), Dampak Penggunaan Bahasa Gaul Di Kalangan Remaja

Terhadap Bahasa Indonesia, Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra

Trimantara, Hermansyah. (2019) , Mengembangkan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Alat Permainan Edukatif Puzzle, jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini.

Wahidah, Latifah. (2021), Pentingnya Mengetahui Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Stimulasinya, Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal

Andayani, B. & Afiatin, T. (1996). Konsep Diri, Harga Diri, dan Kepercayaan

Diri. Jurnal Psikologi. 23-30.

Ayu Dewi Santoso. (2009). Manfaat Bermain Untuk Anak Usia Dini. Diakses dari

ayudewisantoso.blogspot.com.

Dadan Suryana, Pendidikan Anak usia Dini (Teori dan Praktik Pembelajaran), ed. UNP Press

(Padang: UNP Press, 2013),

Dadan Suryana, Pendidikan Anak Usia Dini dan Aspek Perkembangan Jakarta Kencana,

Deborah Marr, Sharon Cermak Ellen S. Cohn & Anne Henderson. The Relationship Between

Fine-Motor Play and Fine-Motor Skilss, NHSA Dialog: A Research-to-Practice

Journal for the Early Childhood Field, 2004

Departemen Pendidikan Nasional, Tesaurus alfabetis Bahasa Indonesia. (Bandung: Mizan,

.

Dewi, Rosmala. 2005. Berbagai Masalah Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Finadatul Wahidah. 2021. Upaya Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini (Classroom Action Research di RA Mutiara Hati). Vol 2 No 2 (2021) Juni

Fourseasonnews. (2012). Pengertian Bermain Aktif. Diakses dari

http://fourseasonnews.blogspot.com

Hakim, Thursan. (2005). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: PT. Puspaswara.

Hurlock, Elizabeth. (1987). Perkembangan Anak Jilid 1. Penerjemah: Istiwidayanti &

Soedjarwo. Jakarta: Erlangga.

Indah Miyati. (2003). Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak. Diakses dari

www.berani.co.id

Khadijah, Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini, Medan: Perdana Publishing 2016

Khairatul Khasanah, "Makalah Penerapam Pendidikan Kejujuran". (on-line). Tersedia di

Khairatulkhasanah blogspot.com/201506-0-false-false-en-us-x- none 23.html?me!

Komang Srianis, Ni Ketut Suarni, Putu Rahyu Ujianti, “Penerapan Metode Bermain Puzzle

Geometri untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak dalam Mengenal

Bentuk" e-Journal PG- PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan

Anak Usia Dini, Vol. 2 No 1 Tahun 2014.

Kurnianih Imah, Permainan Interaktif Untuk Meninggkatkan Kecerdasan Anak, Jogjakarta:

Cakrawala, 2012

Luluk Asmawats, Perencanaan Pemblajaran PAUD Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

Moeslichatoen R. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak Jakarta: PT Rincka Cipta,

Muh Ibnu Sina, Itsna Hayani, Model Permainan Ular Tangga "SMS Saya Memang Sholih

Sebagai Pengembangan Intervensi Kognitif-Perilaku Pada Anak Dengan

Kecenderungan Perilaku Menentang (Skripsi Program Studi Psikologi Universitas

Muhammadiyah Purworejo SEMNASBAHTERA.

Surabaya, Tahun 2015 Volume 6, Nomor 2Kumala Dewi. (2013). Meningkatkan Kepercayaan

Diri Pada Anak. Diakses dari www.edukasi.kompasiana.com

Lindnfield Gael. (1997). Mendidik Anak Agar Percaya Diri. Jakarta: Arcan.

M. Nur Ghufron dan Rini Risnawati S. (2010). Teori-teori Psikologi. Jogjakarta:

AR-RUZZ MEDIA.

Mohammad Nurdin. (2011). Sembilan Tonggak Perkembangan si Golden Age.

Diakses dari http://opinimasding.blogspot.com

Downloads

Published

30-01-2025

How to Cite

Imelda Martya Rustiana. (2025). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI MEDIA FLASH CARD. GHULAMUNA: JOURNAL OF EARLY CHILDHOOD EDUCATION, 2(2), 145–154. https://doi.org/10.52185/ghulamuna.v2i2.537