MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI MEDIA FLASH CARD
DOI:
https://doi.org/10.52185/ghulamuna.v2i2.537Keywords:
language skills, Flash cardAbstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Model penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini memakai modelnya Kurt Lewin yang terdiri dari empat tahap. Hasil penelitian menunjukkan perkembangan bahasa anak yang dicapai anak didik di PAUD Nur Rahman Sumenep mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya, dimana perkembangan aspek bahasa anak 7% pada kondisi awal dan setelah dilakukan praktek penelitian tindakan kelas dengan media flash card, menunjukkan tingkat keberhasilan yang lebih baik pada aspek perkembangan bahasa anak. Siklus I mengalami peningkatan mencapai 53%, maka dari itu dilakukan penelitian ulang, sehingga pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 80%, dengan capaian anak mampu memaham intruksi,anak dapat merangkai huruf dan anak dapat bercerita singkat
References
Aisyah Isna. (2019), Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini, Jurnal Al-Athfal.
Anggraini, Novita. (2020), Peranan Orang Tua Dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini, Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta, 2006.
Deviyanti, Rina. (2017), Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan, Jurnal Tarbiyah.
E Hasim. (2019), Perkembangan Bahasa Anak, Jurnal ilmu pendidikan.
F Nasution. A Siregar. (2023) , Permasalahan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan dan keguruan.
Hamdan ,Kholilullah. (2020), Pekembangan Bahasa Anak Usia Dini, Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan.
Hamidah, Alifah. (2023), kajian sosiolinguistik ragam bahasa gaul di media sosial tiktok pada masa pandemi covid-19 dan pemanfaatannya sebagai kamus bahasa gaul, jurnal pendidikan bahasa dan sastra .
Husna, Amalia. (2021), Strategi Perkembangan dan Indikator Pencapaian Bahasa Reseptif dan Bahasa Ekspresif pada Anak Usia Dini, Jurnal Family Education.
L Madyawati. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak . Jakarta: Kencana, 2017.
Mariatul ulfa , Noviana. (2020), AnalisisMedia Pembelajaran Flash Card Untuk Anak Usia Dini, Indonesian Jurnal of early children education.
Nisaul , maghfiroh. (2023), Peran Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam, jurnal manajemen pendidikan islam .
Nurseto, Tejo. (2017), Membuat Media Pembelajaran yang menarik, Jurnal Ekonomi & Pendidikan.
Puspitowati, Pipit. (2019), Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) dengan Menggunakan Media Gambar dalam Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi pada Siswa Kelas IV MI RiyadlatulUqul, Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya.
Qamariyah , Nuril. (2018), Teori belajar aktif,Inovatif,kreatif,efektif,dan menyenangkan, Journal of materials Processing.
Suciati. (2017), Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Bahasa Anak, Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal.
Suleman, Joko. (2018), Dampak Penggunaan Bahasa Gaul Di Kalangan Remaja
Terhadap Bahasa Indonesia, Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra
Trimantara, Hermansyah. (2019) , Mengembangkan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Alat Permainan Edukatif Puzzle, jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini.
Wahidah, Latifah. (2021), Pentingnya Mengetahui Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Stimulasinya, Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal
Andayani, B. & Afiatin, T. (1996). Konsep Diri, Harga Diri, dan Kepercayaan
Diri. Jurnal Psikologi. 23-30.
Ayu Dewi Santoso. (2009). Manfaat Bermain Untuk Anak Usia Dini. Diakses dari
ayudewisantoso.blogspot.com.
Dadan Suryana, Pendidikan Anak usia Dini (Teori dan Praktik Pembelajaran), ed. UNP Press
(Padang: UNP Press, 2013),
Dadan Suryana, Pendidikan Anak Usia Dini dan Aspek Perkembangan Jakarta Kencana,
Deborah Marr, Sharon Cermak Ellen S. Cohn & Anne Henderson. The Relationship Between
Fine-Motor Play and Fine-Motor Skilss, NHSA Dialog: A Research-to-Practice
Journal for the Early Childhood Field, 2004
Departemen Pendidikan Nasional, Tesaurus alfabetis Bahasa Indonesia. (Bandung: Mizan,
.
Dewi, Rosmala. 2005. Berbagai Masalah Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Finadatul Wahidah. 2021. Upaya Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini (Classroom Action Research di RA Mutiara Hati). Vol 2 No 2 (2021) Juni
Fourseasonnews. (2012). Pengertian Bermain Aktif. Diakses dari
http://fourseasonnews.blogspot.com
Hakim, Thursan. (2005). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: PT. Puspaswara.
Hurlock, Elizabeth. (1987). Perkembangan Anak Jilid 1. Penerjemah: Istiwidayanti &
Soedjarwo. Jakarta: Erlangga.
Indah Miyati. (2003). Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak. Diakses dari
www.berani.co.id
Khadijah, Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini, Medan: Perdana Publishing 2016
Khairatul Khasanah, "Makalah Penerapam Pendidikan Kejujuran". (on-line). Tersedia di
Khairatulkhasanah blogspot.com/201506-0-false-false-en-us-x- none 23.html?me!
Komang Srianis, Ni Ketut Suarni, Putu Rahyu Ujianti, “Penerapan Metode Bermain Puzzle
Geometri untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak dalam Mengenal
Bentuk" e-Journal PG- PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan
Anak Usia Dini, Vol. 2 No 1 Tahun 2014.
Kurnianih Imah, Permainan Interaktif Untuk Meninggkatkan Kecerdasan Anak, Jogjakarta:
Cakrawala, 2012
Luluk Asmawats, Perencanaan Pemblajaran PAUD Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.
Moeslichatoen R. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak Jakarta: PT Rincka Cipta,
Muh Ibnu Sina, Itsna Hayani, Model Permainan Ular Tangga "SMS Saya Memang Sholih
Sebagai Pengembangan Intervensi Kognitif-Perilaku Pada Anak Dengan
Kecenderungan Perilaku Menentang (Skripsi Program Studi Psikologi Universitas
Muhammadiyah Purworejo SEMNASBAHTERA.
Surabaya, Tahun 2015 Volume 6, Nomor 2Kumala Dewi. (2013). Meningkatkan Kepercayaan
Diri Pada Anak. Diakses dari www.edukasi.kompasiana.com
Lindnfield Gael. (1997). Mendidik Anak Agar Percaya Diri. Jakarta: Arcan.
M. Nur Ghufron dan Rini Risnawati S. (2010). Teori-teori Psikologi. Jogjakarta:
AR-RUZZ MEDIA.
Mohammad Nurdin. (2011). Sembilan Tonggak Perkembangan si Golden Age.
Diakses dari http://opinimasding.blogspot.com