UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI KREATIVITAS GURU DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH

Authors

  • Atiatul Fitriyah Institut Kariman wirayudha Sumenep Madura
  • Siti Hairiyah Institut Kariman wirayudha Sumenep Madura

DOI:

https://doi.org/10.52185/ghulamuna.v2i2.520

Keywords:

Kognitif, kreativitas guru,model pembelajaran make a match

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan jenis kolaboratif. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini memakai modelnya Kurt Lewin yang terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.

Hasil penelitian menunjukkan perkembangan kognitif anak dikelompok A TK Nurul Iman Al-Badri mengalami peningkatan dari perkembangan sebelumnya, dimana perkembangan kognitif anak sebelum tindakan mencapai 47%. Setelah dilakukannya tindakan melalui model pembelajaran make a match pada siklus I menunjukkan hasil yang lebih baik mencapai 54%. Kemudian dilakukan tindakan selanjutnya karena belum mencapai sesuai yang diharapkan, sehingga pada siklus II mengalami peningkatan yang lebih baik dengan pencapaian 80%.

References

Ali Putri Dhestha Hazilla, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Mningkatkan Hasil Belajar Siswa, jurnal bidang pendidikan dasar (JBPD), vol. 2 No. 1 A April 2018.

Anita Lie, Mempraktekkan Kooperatif Learning Di Ruang-Ruang Kelas, (Jakarta: Grasindo,20110).

Kurniasih Nia, Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Kemampuan Mengenal Angka 4-5 Tahun, jurnal pendidikan guru pendidikan anak usia dini.

Ni Putu Puspa Lestari Iwan, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Belajar Bilogi Pada Materi Ekosistem, (Universitas Papua,FMIPA biologi), vol 3, nomor 2 2015.

Rachmat Faisal, kontribusi Permainan Konstruktivitas Dengan Peningkatan Kemampuan Kognitif, urnal pendidikan anak usia dini. Vol II Edisi 2, November 2017.

Santrock John W, Psikologi Pendidikan Edisi ke-2, (Jakarta: Kencana, 2010).

Sujiono Yuliani Nurani, Metode Pengembangan Kognitif, (Jakarta: Universitas Terbuka,2009). Wahab Abdul Aziz, Metode Dan Model-Model Mengajar, (Bandung: Alfabeta,2011).

Warmansyah Joni, dkk, Perkembangan Koginitif Anak Usia Dini. Diterbitkan oleh PT Bumi Aksara.

Downloads

Published

30-01-2025

How to Cite

Atiatul Fitriyah, & Siti Hairiyah. (2025). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI KREATIVITAS GURU DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH. GHULAMUNA: JOURNAL OF EARLY CHILDHOOD EDUCATION, 2(2), 170–176. https://doi.org/10.52185/ghulamuna.v2i2.520