STRATEGI MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS ANAK MELALUI METODE EKSPERIMEN
DOI:
https://doi.org/10.52185/ghulamuna.v2i2.511Keywords:
Kecerdasan logis matematis, metode eksperimen, kecerdasan matematis logisAbstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas model Kurt Lewin yang memiliki empat tahapan yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan menyajikan data secara numerik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan logis-matematis di RA Nurul Mannan Banjar Barat Gapura Sumenep, tepatnya di kelompok B1. Peningkatan kemampuan tersebut terjadi setelah dilaksanakannya metode eksperimen sebanyak dua siklus. Awalnya kemampuan logis matematis mereka hanya 25,2%. Setelah dilakukan tindakan eksperimen pada siklus 1 kemampuan logis-matematis mereka meningkat menjadi 45,6%. Karena adanya perubahan baik tersebut, tindakan dilanjutkan pada tahap siklus 2 yang hasilnya meningkat menjadi 76,4%.
References
Amin dan Linda Yurike Susan Sumendap. 164 Model Pembelajaran Kontemporer. Bekasi: Pusat Penerbitan LPPM, 2022.
Apriani, Sopia dan Angger Prima Widhiasih. "Upaya Meningkatkan Kemampuan Logika Matematika Melalui Metode Eksperimen pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Riyadhul Aulad Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang". Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 11, No. 2, Januari 2022, hlm. 31-41.
Arikunto. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Asrory, Muhammad. Penelitian Tindakan Kelas. Banding: Sandiarta Sukses, 2019.
Banjari, Jamaluddin el. Inspiring Teacher. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2013.
Chatib, Munif. Sekolah Anak-Anak Juara. Bandung: Kaifa Learning, 2013.
Dewi, Rr Vemmi Kesuma, dkk. Metode Stimulasi Multiple Intelligences Anak Usia Dini. Surabaya: Cipta Media Nusantara, 2021.
Kurniawati, Windy. "Penerapan Metode Eksperimen dalam Mengembaangkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia 5-6 Tahun di TK Bunda Al Munawwaroh". Skripsi: Universitas Raden Intan Lampung, Juni 2021.
Musfiroh, Tadkiroatun. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2013.
Nasution, Wahyudin Nur. Strategi Pembelajaran. Medan : Perdana Publishing, 2017.
Parmiti, Desak Putu dan Ni Nyoman Deriani. Mengajar Menyenangkan di Sekolah Dasar. Depok :Raja Grafindo Persada, 2020.
Said, Alamsyah dan Andy Budimanjaya. 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences. Jakarta: Kencana, 2017.
Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.
Yaumi, Muhammad. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Kencana, 2016.
Zahra, A. dan F. Harmawati. "Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Penerapan Metode Eksperimen Menggunakan Media Loose Parts pada Anak Kelompok B". Journal of Guidance and Conselinv, Vol. 1, No.2, hlm. 7