EFEKTIVITAS BERMAIN PUZZLE DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK

Authors

  • Fika Fitrotin Karomah Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum Sumenep
  • Fika Fitrotin Karomah

DOI:

https://doi.org/10.52185/ghulamuna.v2i1.492

Keywords:

Efektivitas, Bermain Puzzle, Perkembangan Kognitif.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perkembangan kognitif dengan menggunakan permainan puzzle di TK Al-Ikhlash Lenteng Sumenep. Dimana perkembangan kognitif anak pada sekolah tersebut sangat rendah. Peserta didik tidak bisa menghubungkan benda sesuai pasangannya dan anak selalu kurang senang ketika pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, karena metode yang digunakan kurang menyenangkan atau bersifat konvensional sehingga anak kurang semangat dalam kegiatan belajar mengajar.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1)  Meningkatkan perkembangan kognitif anak, (2) Memberikan pembelajaran yang menyenangkan melalui bermain puzzle. Subjek penelitiannya adalah anak didik di TK Al-Ikhlash Lenteng Sumenep yang berjumlah 23 anak, terdiri dari 10 orang laki-laki dan 13 orang perempuan dengan rentang usia 4-5 tahun.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan jenis kolaboratif partisipatoris. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini memakai modelnya Kurt Lewin yang terdiri dari empat tahap, yaitu: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Observasi, 4. Refleksi.

 Hasil penelitian menunjukkan perkembangan kognitif anak yang dicapai anak didik di TK Al-Ikhlash Lenteng Sumenep lebih meningkat di bandingkan sebelumnya, dimana perkembangan aspek kognitif anak mencapai  21,75%. Namun setelah dilakukan praktek penelitian tindakan kelas melalui bermain puzzle, menunjukkan tingkat keberhasilan yang lebih baik pada aspek perkembangan kognitif anak. Siklus I mengalami peningkatan mencapai 56,53%, maka dari itu dilakukan penelitian ulang, sehingga pada siklus II mengalami peningkatan mencapai  73,98%, dimana tingkat pencapaian tersebut sudah melebihi target penelitian yaitu 70%.

References

Arikunto, Suharsimi. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara, 2014.

Sayudi. Psikologi Belajar PAUD. PT Pustaka Isnan Madani, 2010.

Musbikin, Imam. Buku Pintar PAUD. Yogjakarta: Laksana, 2010.

Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Laksana, 2011.

Malayati. 50 Permainan Melatih Kecerdasan Anak. Surabaya: Nusantara Publisher, 2009.

Hasan, Maimunah. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogjakarta: PT Baturetno Banguntapan, 2009.

Bahaurlock, Elizabett. Perkembangan Anak Jilid I. Jakarta: Erlangga, 2008.

Izzaty, Eka Rita. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press, 2008.

Mansur. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka belajar, 2005.

Peraturan Menteri Nasional Republik Indonesia No 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Raco, JR. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2010.

Sanjaya, Wina. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.

Triyono. Pintu-Pintu Kontekstual Anak Usia Dini. Jakarta: Dirjen Dikti PPLPTK Departemen, 2005.

Downloads

Published

30-07-2024

How to Cite

Fika Fitrotin Karomah, & Fika Fitrotin Karomah. (2024). EFEKTIVITAS BERMAIN PUZZLE DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK. GHULAMUNA: JOURNAL OF EARLY CHILDHOOD EDUCATION, 2(1), 65–76. https://doi.org/10.52185/ghulamuna.v2i1.492