PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA ANAKUSIA DINI

Authors

  • Serli E Leasiwal Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.52185/ghulamuna.v2i2.372

Keywords:

experimental methods, increasing abilities, recognizing colors

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunan metode exprimen dapat meningkatkn pengenalan warna pada anak usia 5-6 tahun. Metode eksperimen adalah suatu cara mengajar dimana siswa melakukan percobaan tentang suatu hal, mengamati dan mengalami prosesnya, membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajarinya, kemudian hasil pengamatan dan percobaan tersebut disampaikan ke kelas untuk dievaluasi bersama. Hasil peneliian ditemukan dalam pembelajaran anak usia dini, metode pembelajaran eksperimen adalah pilihan yang efektif untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan pemecahan masalah. Dengan melibatkan anak-anak secara aktif dalam kegiatan praktis dan menyenangkan, metode ini membantu mereka memahami konsep secara mendalam, mengembangkan keterampilan hidup yang penting, dan memupuk minat pada sains dan penemuan. Meskipun metode ini membutuhkan waktu dan persiapan yang lebih rumit, manfaat yang diberikan bagi perkembangan anak sangat berharga.

References

Hamdayana, Jumanta. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi

Aksara.

Asmani, Jamal Ma‟mur. 2011. 7 Tips Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Diva Press.

Djamarah, S.B., dan Zain. A. 2010. Strategi Belajar Mengajar.

Jakarta: Rineka Cipta.

Hamid, S. (2011). Metode Edutainment. Yogyakarta: DIVA Press.

Mulyasa. (2012).

Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Munandar,

U. (2014).

Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta. Rachmawati, E., & Kurniati, E. (2017). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit

Alfabeta. Sujiono & Nurani . (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak

Ni Kadek Sarnyani, Drs I Nyoman Wirya, M.Pd, Didith Pramunditya Ambara, S.Psi. ,M.A, Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Kemampuan Warna Anak Di Tk Murni Kusuma, e-Journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Volume 3 No. 1 – Tahun 2015)

Sri Handayani , Sumarno, Yuli Haryati, Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Memperkenalkan Konsep Pengukuran Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran, JKPM Vol 4 No 1 APRIL 2017

Nikmatul Khasanah, Mas‟udah, Pengaruh Metode Eksperimen Berbahan Alam Terhadap Kemampuan Pengenalan Warna Pada Anak Kelompok A di TKM NU 247 Manba’ur Rohmah Sumber Kebomas Gresik . Jurnal PAUD Teratai. Volume 05 Nomor 02 Tahun 2016

Faizi Mastur, Ragam Metode Mengajarkan Eksakta Pada Murid, (Yogyakarta: Diva Press, 2013)

Sudarna, PAUD Pendidikan anak usia Dini Berkarakter, (Ed. 1), (Yogyakarta: Genius Publisher, 2014)

Syaiful Bahri Djamarah, dkk, Strategi Belajar Mengajar,(Jakarta:PT.Rineka Cipta,2013)

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan,(Jakarta:Bumi Aksara,2011)

Abu Ahmadi, dkk, Psikologi Belajar,(Jakarta:PT,Rineka Cipta,2008) Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru

Pendidikan Anak Usia Dini,(Indonesia:Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja,2016)

Downloads

Published

30-01-2025

How to Cite

Serli E Leasiwal. (2025). PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA ANAKUSIA DINI. GHULAMUNA: JOURNAL OF EARLY CHILDHOOD EDUCATION, 2(2), 155–169. https://doi.org/10.52185/ghulamuna.v2i2.372