MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONGNITIF MELALUI KARTU ULAT ANGKA PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Raisa Silvana Rumpaisum Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Rima Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.52185/ghulamuna.v2i2.369

Keywords:

ulat angka, anak usia dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Permainan Kartu Ulat Angka Pada Anak kelompok B Paud Nazareth. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini dalah siswa kelas B berjumlah 22 orang siswa. Dimana peneliti melakukan observasi awal terhadap 22 orang siswa tersebut. Prosedur penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Peneliti mengumpulkan data dengan melakukan observasi dan dokumentasi. Hasil yang didapat dari tes siklus yakni anak dengan Kriteria berkembang sesuai Harapan (BSH) berjumlah 9 orang dengan nilai presentasi 69% termasuk dalam kategori nilai belum tuntas, sedangkan tes siklus II mendapatkan hasil yakni anak dengan kriteria Berkembang sangat Baik (BSB) berjumlah 22 orang dengan nilai presentase 85% termasuk dalam kategori nilai tuntas, sehingga dapat disimpulkan dengan metode Kartu Ulat Angka Pada Anak Usia 5 – 6 Tahun dengan baik.

References

Acep Yoni. (2013). Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia Pustaka Keluarga.

Agung Triharso. (2013). Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Antonius. C. Prihandoko. (2006). Memahami Konsep Matematika Secara Benar dan Menyajikannya dengan Menarik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Bird, J. (2002). Matematika Dasar Teori dan Aplikasi. (Alih bahasa: Refina Indriasari). Jakarta: Erlangga.

Daitin Tarigan. (2006). Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Fitri Ariyanti, Lita Edia & Khamsa Noory. (2007). Diary Tumbuh Kembang Anak Usia 0-6 Tahun. Bandung: Read Publishing House.

Harun Rasyid, Mansyur & Suratno. (2009) Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Multi Persindo.

H.E. Mulyasa. (2012). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak. (Alih bahasa: Agus Dharma). Jakarta: Erlangga.

Ivan Lanin. (2012). Taksonomi Bloom. Diakses dari http://iknow.apb- group.com/taksonomi-bloom/ pada tanggal 16 Desember 2013, Jam 21.45 WIB.

Ahmad Turmuzi. (2013). Mengingat dan Memahami Kembali tentang Teori Taksonomi Bloom. Diakses dari

http://edukasi.kompasiana.com/2013/02/05/531087.html pada tanggal 26 Januari 2014 jam 10.00 WIB.

Anas Sudijono. (2006). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kasihani Kasbolah. (1999). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat

Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Lestari K.W. (2011). Konsep Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal, Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Lisnawaty Simanjutak, Poltak Manurung, Doni C. Matulina. (1993). Metode Mengajar Matematika. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Martini Jamaris. (2006). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT. Grasindo.

Masitoh & Siti Aisiyah (2009). Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mayke S. Tedjasaputra. (2005). Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: PT. Grasindo.

Mukhtar Latif, Zukhairina, Rita Zubaidah & Muhammad Afandi. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Media Group.

M. Ngalim Purwanto. (2006). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pitadjeng. (2006). Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Rita Eka Izzaty, Siti Partini Suardiman, Yulia Ayriza, Purwandari, Hiryanto, & Rosita E. Kusmaryani. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.

Sa’dun Akbar. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: CV. Cipta Media. Santrock, J. W. (2002). Life-Span Development Perkembangan Masa Hidup Jilid

I. (Alih bahasa: Achmad Chusairi & Juda Damalik). Jakarta: Erlangga.

Slamet Suyanto. (2005a). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat.

Slamet Suyanto. (2005b). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Downloads

Published

30-01-2025

How to Cite

Raisa Silvana Rumpaisum, & Rima. (2025). MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONGNITIF MELALUI KARTU ULAT ANGKA PADA ANAK USIA DINI. GHULAMUNA: JOURNAL OF EARLY CHILDHOOD EDUCATION, 2(2), 117–126. https://doi.org/10.52185/ghulamuna.v2i2.369